Sukses

Rekaman 10 Ribu Hiu Serbu Pantai Wisata di Florida

Bukan tanpa alasan kenapa hewan yang termasuk anggota kelas Condrichthyes atau ikan bertulang rawan ini sangat ditakuti.

Liputan6.com, Florida - Bila anjing diyakini sebagai sahabat manusia, berbeda dengan hiu yang kerap dianggap sebagai mimipi buruk bagi para perenang, nelayan bahkan penyelam.

Baru-baru ini, salah satu jenis hiu yang memiliki ujung sirip punggung, perut berwarna hitam atau yang lebih dikenal dengan hiu blacktip dilaporkan menyerang perairan Palm Beach Florida, Amerika Serikat. Mereka datang bergerombol.

Seperti dilansir dari News.com.au, Rabu (17/2/2016), sekitar 10.000 hiu terlihat hanya beberapa ratus meter dari pantai.

 

"Peningkatan dramatis hiu blacktip di perairan Palm Beach sangat tidak biasa. Tapi ini bagus bisa terlihat," ujar seorang profesor yang mengajar di Florida Atlantic University Stephen Kajiura kepada ABC News.

"Jika Anda melihat sejarah, gigitan hiu jenis ini relatif lebih sedikit di wilayah ini. Karena jumlah korban yang jauh lebih banyak terkena gigitan hiu sirip hitam jauh ke utara, tepatnya di Daytona," tambahnya.

Bukan tanpa alasan kenapa hewan yang termasuk anggota kelas Condrichthyes atau ikan bertulang rawan ini sangat ditakuti. (News.com.au)

 

Tidak pernah ada penyerangan fatal yang diakibatkan oleh hiu sirip hitam ini. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), seperti dikutip dari CNN.com, hanya ada 6 kematian karena hiu blacktip pada 2015.

Berikut rekaman selengkapnya saat kawanan hiu menyerbu pantai:

Bukan tanpa alasan kenapa hiu yang termasuk anggota kelas Condrichthyes atau ikan bertulang rawan ini sangat ditakuti. Selain termasuk jenis ikan predator atau pemangsa, ia juga memiliki 7 indra sensitif yang dapat digunakan untuk mengetahui keberadaan mangsa dari jarak yang cukup jauh.

Di antaranya indra penciuman yang sangat kuat hingga mampu mendetekasi korbannya hingga 3.000 mil atau sekitar 914 meter, penglihatan yang tajam hingga mampu melihat korbannya meski hidup di air tawar yang keruh, memiliki garis tepi dan organ-organ titik atau pit organ yang dapat menangkap getaran meski lemah sekalipun.

Selain itu hiu memiliki barisan gigi yang sangat tajam hingga dapat dengan mudah merobek-robek tubuh korbannya, baik sesama ikan atau mungkin tubuh manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.