Sukses

Terkuak, Antartika adalah Kuburan Meteor Besi

Di antara 'hasil tangkapan' Antartika ini, bagaimanapun, peneliti telah memperhatikan bahwa meteorit kaya zat besi.

Liputan6.com, Antartika - Penelitian baru menunjukkan mungkin ada lapisan meteorit yang kaya zat besi tersembunyi di bawah es Antartika.

Gletser yang berputar ternyata menyembunyikan banyak batuan ruang angkasa, muncul ke permukaan di Antartika, namun jika dibandingkan dengan tempat lain di Bumi, beberapa dari mereka yang terbuat dari besi.

Berdasarkan pemodelan dan percobaan laboratorium, para ilmuwan mengatakan batuan logam yang hilang itu mungkin mengubur diri, dengan melelehkan es dengan sinar Matahari yang memanaskan mereka.

Untuk membuktikan ide mereka, tim sekarang ingin mencari batu-batu itu sendiri.

"Studi ini mengusulkan hipotesis. Sampel ini harus ada dan kami harus pergi untuk menemukan mereka," kata Dr Katherine Joy dari University of Manchester, penulis makalah yang diterbitkan di Nature Communications, seperti dilansir dari BBC, Rabu (17/2/20).

Antartika dikenal oleh spesialis meteorit sebagai tempat berburu paling penting, karena batu-batu yang dikumpulkan dari tempat pendaratan terbawa arus glasial dan diangkut lahan pembuangan yang terkonsentrasi.

"Hal yang hebat tentang Antartika adalah meteor jatuh ke atas es, dan kemudian es semakin bergerak menjauh dari dataran tinggi sepanjang Pegunungan Transantartika," kata Dr Joy.

"Jadi ini mirip seperti ban berjalan atau belt conveyer telah mengantarkan meteorit dari situs jatuh ke zona meteorit tempat terdamparnya batu itu selama beberapa juta tahun atau lebih."

Di antara 'hasil tangkapan' Antartika ini, bagaimanapun, peneliti telah memperhatikan bahwa meteorit kaya zat besi.

Sebuah kejutan langka bahwa sebagian batu atau bahkan seluruhnya terbuat dari logam, jika dibandingkan dengan batu-batu lainnya yang ditemukan di seluruh dunia.

Dr Joy dan rekan-rekannya berpikir mereka mungkin telah menemukan alasannya mengapa meteor itu mengandung besi.

Para ahli membekukan dua meteorit kecil dengan ukuran dan bentuk yang sama , satu berbatu dan satu besi, di dalam balok es dan kemudian dipanaskan dengan menggunakan lampu untuk meniru Matahari.

Kedua meteorit, pada uji coba diulang, meleleh berjalan bawah melalui blok es. Tapi karena logam melakukan panas lebih efisien, meteorit besi tenggelam lebih lanjut, lebih cepat.

Terkuak, Antartika adalah Kuburan Meteor Besi (BBC)

Para peneliti kemudian memperluas bahwa pengamatan menggunakan simulasi matematika. Model mereka menunjukkan bahwa lelehnya batu akibat Matahari akan cukup untuk menyebabkan batuan kaya zat besi tenggelam begitu banyak selama hari-hari musim panas yang panjang itu, selama tahun ini.

"Idenya adalah, mereka tidak pernah sampai ke permukaan. Mereka selamanya terjebak, 50-100cm atau lebih di bawah es," Dr Joy menjelaskan.

Itu berarti, jika temuan tim yang bisa dipercaya, bahwa perburuan akan dilanjutkan.

"Setiap meteorit kita temukan di Antartika memberitahu kita sesuatu yang baru tentang tata surya," kata Dr Joy. Beberapa batu bahkan kaya akan karbon. Zat paling inti dari planet.

"Kami pikir mungkin ada ratusan planet-planet awal, yang dibentuk pada tata surya tetapi tidak pernah benar-benar mendapat cukup besar energi hingga pecah dengan cara bertabrakan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.