Sukses

Dubes Rusia: Saya Senang Jokowi Akan Hadir di KTT ASEAN-Rusia

Pertemuan Tingkat Tinggi ASEAN dan Rusia akan dilakukan pada Mei 2016 di kawasan resort Sochi, Laut Hitam, Rusia.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hitungan bulan, pertemuan tingkat tinggi ASEAN dan Rusia akan dilaksanakan di sebuah kawasan resort di Laut Hitam, Sochi, yang berlokasi di Rusia.

Pertemuan yang akan dilaksanakan pada bulan Mei ini adalah suatu bentuk usaha untuk memperkuat hubungan antara Rusia dan negara- negara ASEAN, terutama di bidang ekonomi.

Selain memperkuat tali ekonomi antara negara-negara yang bersangkutan, Rusia juga berniat untuk menyuarakan kebijakan luar negerinya yang bersifat lebih demokratis dan polisentris. Hal tersebut dilontarkan oleh Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin melalui pidatonya dalam perayaan Hari Diplomat Rusia di Pusat Sains dan Budaya Rusia, Menteng, Jakarta Pusat pada hari Jumat 12 Februari 2016.

“Hari ini saya ingin berbicara tentang posisi Rusia terhadap pembentukan dunia yang adil, demokratis dan polisentris yang merupakan salah satu tujuan kebijakan luar negeri Rusia,” Duta Besar Galuzin menuturkan.

Sikap yang demokratis ditunjukkan dengan memberikan dukungan penuh terhadap niat untuk merundingkan terlebih dahulu secara kolektif mengenai ancaman dan tantangan yang dihadapi secara global.

“Sistem ini mempedulikan kehormatan pada keragaman budaya dan kepribadian bangsa-bangsa, hak mereka untuk memilih jalur perkembangan, penyelesaian masalah internasional secara bersama berdasarkan hukum internasional,” lanjutnya.

Duta Besar Galuzin juga menceritakan bahwa negaranya mempunyai visi yang searah dengan Presiden Joko Widodo sebagaimana telah dideklarasikan oleh Kepala Negara Indonesia ini sebelumnya di Pertemuan Tingkat Tinggi Asia dan Afrika pada April tahun lalu.

“Kita mempunyai banyak kesamaan, yaitu mengarah ke niat untuk menciptakan sistem global yang lebih adil dan demokratis,” ia menambahkan.

Ia pun mengutarakan kebahagiaannya atas niat Presiden Jokowi untuk datang ke Rusia pada Mei mendatang.

“Saya sungguh senang bahwa Presiden Indonesia Joko Widodo akan hadir dalam pertemuan Tingkat Tinggi Rusia dan ASEAN,” tutup Duta Besar Galuzin.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi sebelumnya memastikan bahwa Presiden Jokowi akan menghadiri KTT ASEAN-Rusia.

‎"Untuk KTT ASEAN-Rusia di Sochi, Presiden menyampaikan Insya Allah akan hadir. Presiden juga menginginkan dalam KTT ASEAN tersebut akan dapat dilakukan kunjungan bilateral secara sekaligus," kata Menlu di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 8 Januari 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini