Sukses

Petani China Bangun Rumah Tujuh Lantai Seorang Diri

Rumah tersebut dibuat untuk saudara-saudaranya-- yang sudah meninggal lebih dari satu dekade lalu.

Liputan6.com, Shandong - Rumah aneh ini dibangun dari batu, kayu dan tanah dalam jangka waktu 10 tahun. Hu Guangzhou, seorang petani dari China, membangunnya seorang diri, demi ditinggali saudara-saudaranya yang dinantinya untuk kembali.

Walaupun, para saudaranya sudah meninggal lebih dari satu dekade lalu, menurut koran lokal.

Bangunan yang melekuk dan unik strukturnya itu kerap dibandingkan dengan bangunan di film kartun Ghibli yang ikonik, Howl's Moving Castle.

Istana di film animasi Howl's Moving Castle. (Ghibli)

Hu, yang disebut memiliki 'gangguan kepribadian' oleh media China, membangun rumah dasarnya di Lingu, Shandong, dalam waktu lima tahun. Perlu tiga tahun untuknya menambahkan tingkat-tingkatannya.

Ia jatuh sakit setelah menyelesaikan tingkat kedua rumahnya, yang membuatnya menunda bekerja selama berbulan-bulan, sebelum memutuskan untuk menambahkan lantai lainnya, dan membuat atapnya.

Bahan yang digunakan dalam pembangunan rumah sebagian besar tanah liat dan batu-batu yang dikumpulkannya dengan gerobak kecil.

Otoritas setempat sempat memprotes Hu, namun mereka tak tega merubuhkan rumah yang dibangun Hu dengan susah payah.

Saudara-saudara Hu sudah meninggal selama lebih dari satu dekade, namun ia ngotot bahwa mereka masih hidup, dan suatu hari akan kembali dan tinggal di rumah yang dibangunnya.

Petani ini memperkuat dan memperbaharui rumahnya di waktu senggang yang dimilikinya. Ia mendapat subsidi dari pemerintah setiap tiga bulan, bersamaan dengan bakpau dari toko terdekat.

Selama tujuh tahun, Hu membangun rumah ini dari tanah liat dan batu. (Weibo)

Usaha Hu juga mendapat perhatian dari netizen China dari Weibo.

"Apa ia punya gangguan mental? Ini hasil karya dari seorang jenius, orang-orang normal tak mampu mengerti," seorang berkomentar, dikutip Daily Mail, Sabtu 13 Februari 2016.

Hu Guangzhou. (Weibo)

"Mereka yang ingin menghancurkan bangunan ini sebaiknya hadapi dulu diagnosa gangguan mentalnya, dan pisau dapur!" Komentar seorang lainnya.

Sedangkan, lainnya membandingkan dengan film animasi dari Ghibli. "Ini versi dunia nyata dari Howl's Moving Castle!"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • rumah