Sukses

Lucu dan Meresahkan, 'Teman Rahasia' yang Digambar di Punggung

Dalam proyek 'Teman Rahasia', AnaHell menghadirkan karakter-karakter unik dalam situasi 'biasa'.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi seniman ini, mata yang digambar di punggung merupakan jendela jiwa.

Seniman bernama AnaHell telah membuat karya seni meresahkan sekaligus lucu. Proyeknya itu diberi judul Secret Friends (Teman-teman Rahasia), menggambarkan berbagai karakter aneh dalam situasi sehari-hari.

Orang-orang yang menjadi modelnya membungkuk, tidak menunjukkan wajah mereka. Malahan, punggung mereka digambar sepasang mata, hidung, mulut, dan diberi rambut sehingga menyerupai wajah. Dengan cara itu tercipta lah karakter asing yang disebut sebagai 'Teman-teman Rahasia.'

AnaHell memilih subjek yang bertubuh lentur sekaligus merupakan teman baik baginya. (AnaHell)

"Saya seniman asal Spanyol dengan latar belakang ilustrasi. Saya suka kartun dan amat menggemari surealisme dan hal-hal absurd," ungkap AnaHell kepada Mashable.

Para 'Teman Rahasia' digambarkan ada dalam situasi kehidupan sehari-hari yang sungguh biasa. (AnaHell)

"Fokus utama dalam seni dan fotografi adalah untuk bisa bekerjasama dengan objek di sekitar, dan mengubahnya ke dalam perspektif yang berbeda," ungkapnya.

"Akhir-akhir ini, saya menghindari peralatan canggih dan studio. Saya mencoba membuat karya ringan dan alami untuk membuat penonton merasa lebih dekat dengan subjek."

Ide untuk proyek ini pun datang secara alami, di tengah-tengah sesi foto.

AnaHell sengaja menjauh dari alat-alat canggih untuk membuat karyanya dekat dengan penonton. (AnaHell)

"Idenya datang secara spontan dalam pemotretan di mana saya bekerja mengatur postur tubuh menciptakan ilusi yang akan menggugah pikiran," ia bercerita.

"Saat menjepret, saya mendapatkan ide itu, kemudian meminta model saya untuk jangan bergerak. Lalu saya mengambil eyeliner dan menggambar dua lingkaran untuk membuat wajah baru si 'makhluk'. Itulah saat-saat munculnya Teman-teman Rahasia."

Dalam proyek ini, para karakter digambarkan dalam situasi yang terjadi dalam keseharian, termasuk berbaring di tempat tidur dan membawa sampah ke luar.

"Idenya adalah untuk meniru kegiatan sehari-hari dengan pandangan sedikit satir, meledek kehidupan era modern."

Ketika memilih model, AnaHell mencari teman-temannya yang memiliki kelenturan tubuh.

AnaHell mendapat ide di tengah-tengah sesi pemotretan lainnya. (AnaHell)

"Memang memerlukan tubuh yang lentur, tapi saya lebih suka bekerja dengan orang-orang dekat dan kenal baik, itu membuat sesi pemotretan lebih menyenangkan."

Reaksi yang diterimanya pun bervariasi. Namun menurutnya, tak ada yang menganggapnya biasa-biasa saja.

Reaksi yang diterima AnaHell atas proyek ini beragam. (AnaHell)

"Beberapa orang kaget, bahkan merasa jijik dengan Teman-teman Rahasia. Tapi ada juga yang senang dan menganggapnya tak biasa," akunya.

"Menurut saya lucu sekaligus menakjubkan bagaimana seseorang bisa memiliki identitas yang berbeda ketika menjadi Teman Rahasia."

Namun, apapun reaksi mereka, sang seniman punya perencanaan lanjutan dalam mengembangkan proyeknya tersebut.

Proyek Teman-teman Rahasia direncanakan akan dikembangkan dalam bentuk buku. (AnaHell)

"Saya akan membawa mereka keliling dunia, dan akan ada satir mengenai kabar dunia terkini," ungkapnya.

"Saya juga sedang dalam proses mengerjakan proyek video dengan mereka, dan salah satu mimpi saya adalah menerbitkan buku mengenai Teman-teman Rahasia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini