Sukses

Kapal 'Titanic' Akan Kembali Berlayar 2018, Tertarik?

Seorang pengusaha dan politisi asal Australia ciptakan kembali kapal Titanic yang akan berlayar pada tahun 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Mau berada di lokasi adegan saat Jack dan Rose bersandar pada bagian depan kapal dalam film Titanic?

Kurang dari 2 tahun, Titanic II akan dilepas. Replika kapal yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara.

Titanic yang disebut-sebut sebagai kapal yang tak bisa tenggelam, menabrak gunung es mengapung dan tenggelam dalam perjalanan pertamanya pada 15 April 1912, mengakibatkan 1.503 orang tewas.

Tangga utama dalam Titanic I dan II yang akan digunakan oleh penumpang kelas pertama. (Dailymail)

Titanic II direncanakan akan berlayar pada tahun 2018 mendatang. Foto-foto dari Titanic II itu kini telah dipublikasikan, memperlihatkan kemiripannya dengan yang orisinil.

Dilansir dari News.com.au, Kamis (11/2/2016), pengusaha dan politisi Clive Palmer merupakan orang dibalik proyek ambisius itu untuk menciptakan kembali kapal mewah yang akan dibuat 4 meter lebih lebar untuk memenuhi sejumlah persyaratan.

Menurut, Belfast Telegraph, kapal megah itu akan memuat lebih banyak sekoci bagi para penumpangnya --  mengantisipasi hal terburuk. Sementara lambung kapal akan dilas bukan terpaku, berjaga-jaga jika kembali menghadapi medan gunung es mengapung.

"Sudah tentu kapal Titanic yang terbaru ini akan memiliki prosedur evakuasi yang lebih modern, pengendali satelit, navigasi digital dan sistem radar serta segala sesuatu yang dapat ditemui dalam kapal di abad ke-21," ungkap Direktur pemasaran global dari perusahaan Palmer, Blue Star Line, James McDonald.

Pengusaha dan politisi Clive Palmer merupakan orang dibalik proyek ambisius untuk menciptakan kembali kapal mewah tersebut. (Dailymail)

Menurut Dailymail, melihat dari foto-foto yang muncul tidak memperlihatkan adanya televisi. Namun ada landasan helikopter pada bagian belakang kapal, fasilitas yang tak dimiliki oleh Titanic aslinya.

Menurut kabar, pihak Blue Star juga akan menyediakan kostum pada masa itu bagi penumpang Titanic II yang ingin mendalami pengalaman mereka, namun kebenaran ini belum dapat dipastikan.

Kapal 9 lantai itu akan memiliki panjang 270 meter, lebih panjang dari yang orisinal, setinggi 53 meter dan dapat melaju dalam kecepatan 24 knot. Titanic II mampu mengakomodasi 2.400 penumpang, 177 orang lebih banyak dari RMS Titanic.

Kapal dibuat semirip  mungkin dengan yang orisnil dengan sejumlah perbedaan. (Dailymail)

Tak berbeda dengan yang orisinal, Titanic II akan memiliki kategori penumpang yang sama dari kelas nomor wahid hingga kelas tiga -- bagian kapal dari sosok Leonardo DiCaprio dalam film Titanic berada.

Tak banyak yang tahun bahwa RMS Titanic dibuat di Belfast. Berbeda dengan penerusnya, Titanic II sekarang ini sedang dalam konstruksi di CSC Jinling Shipyard di Jiangsu, China.

Menurut laporan, pelayaran pertama bukan dari Southampton menuju New York, tapi dari Jiangsu, China menuju Dubai di Uni Emirat Arab.

Titanic II direncanakan akan berlayar pada tahun 2018 mendatang. (Dailymail)

Tak disangka, pembuatan Titanic II mendapatkan pertentangan dari saudara korban yang tewas. Meskipun begitu, perusahaan Blue Star melaporkan bahwa mereka kewalahan dalam menangani reservasi tiket.

Sejumlah orang pun rela mengeluarkan US$ 1,2 juta untuk bisa ikut dalam pelayaran perdana replika Titanic itu.

Sementara dana yang dikeluarkan untuk pembangunan Titanic II diduga mencapai 300 hingga 400 juta poundstreling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.