Sukses

Heboh Pancuran Bir Senilai Rp 5,3 Miliar

Sebuah kota kecil di Slovenia berencana membangun pancuran yang mengalirkan bir yang dapat diminum langsung.

Liputan6.com, Zalec - Sebuah kota kecil di Slovenia berencana membangun pancuran yang mengalirkan bir yang dapat diminum langsung. Rencananya minuman yang digunakan merupakan produksi lokal.

Pancuran itu diduga menghabiskan biaya sekitar 350.000 euro sekitar Rp 5,3 miliar.

Dikutip dari Telegraph, Kamis (11/2/2016), orang-orang yang berminat untuk mencicipi minuman tersebut nantinya diminta membayar 6 euro atau sekitar Rp 91 ribu per 3 sajian ukuran 30 sentiliter yang dituang dalam mug berhias. 

Dewan Kota Zalec berharap agar pancuran itu menjadi daya tarik yang meningkatkan wisata ke daerah pertanian penghasil hop -- bahan pembuat bir.

Setengah bagian pendanaan akan diberikan oleh dewan kota, sedangkan sisanya akan disediakan oleh rekanan-rekanan swasta dan sumbangan masyarakat.

Namun demikian, rencana pembuatan pancuran bir ini kurang mendapat dukungan dan menuai kontroversi. Dalam rapat luar biasa dewan kota pada minggu lalu, sepertiga anggota dewan memilih menolak proyek pancuran itu.

Kawasan sekitar kota Zalec di Slovenia merupakan daerah penghasil hop, bahan pembuatan bir. (Sumber Wikipedia via Telegraph)

Alasannya, dana yang diperlukan dapat dipergunakan untuk keperluan lain yang lebih baik. Misalnya untuk perbaikan pasokan air di kota tersebut.

Di lain pihak, dua pertiga anggota dewan menyetujui pembangunan pancuran itu sehingga proyek tersebut dapat dijalankan. Walau belum ada kepastian tanggal penyelesaiannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.