Sukses

3 Pesan Penuh Inspirasi Ala Walt Disney

Kata-kata tersebut mungkin dapat dijadikan motivasi bagi para pelaku bisnis dan pengusaha lainnya. Berikut ini selengkapnya:

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pebisnis di dunia yang patut dijadikan ‘kiblat’ atas kehebatan mereka dalam mempertahankan usaha, terlepas dari sepak terjang yang harus dihadapi.

Salah satunya adalah Walt Elias Disney atau lebih dikenal sebagai Walt Disney. Pria asal Chicago, Amerika Serikat ini sempat mengemban posisi sebagai produser film, sutradara, animator, pengisi suara dan juga sebagai pendiri dari perusahaan ‘Walt Disney Company’ sebelum ia menutup usia di umur 65 tahun.

Ketekunannya dalam mengejar mimpi membuat perusahaan yang didirikannya meraup keuntungan US $35 miliar setiap tahun sampai sekarang.

Patung Walt Disneydan Mickey Mouse di Disneyland California Amerika Serikat

Ia memang tidak pernah secara langsung melontarkan niatnya untuk menjadi seorang motivator di dunia bisnis. Namun seperti yang dilansir dari inc.com, Kamis (11/2/2016), ada 3 kutipan penuh inspirasi, bermakna dan penuh filosofi ala Walt Disney.

Kata-kata tersebut mungkin dapat dijadikan motivasi bagi para pelaku bisnis dan pengusaha lainnya. Berikut ini selengkapnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1-2

Kutipan Pertama

“You don’t build it for yourself. You know what the people want and you build it for them.”

Salah satu kutipan dari Disney ini dapat diartikan agar seorang pelaku bisnis tak hanya memperhatikan kemauannya sendiri, melainkan melihat keinginan pasar.

Kutipan tersebut juga menyarankan bagi para pengusaha untuk belajar mengetahui harapan pelanggan lebih jauh dan jangan terus menerus mengikuti keinginan diri sendiri. Ketika konsentrasi hanya diberikan kepada apa yang kita mau semata, kemauan orang lain akan tidak terlihat sehingga kemungkinan untuk sukses pun sama tidak jelasnya.

Kutipan Kedua

"The flower that blooms in adversity is the rarest and beautiful of all."

Kutipan yang juga digunakan dalam film Disney ‘Mulan’ ini mempunyai makna penting, karena bisa menjadi pelajaran bagi para pelaku bisnis untuk selalu berusaha menyenangkan pelanggannya.

3 dari 3 halaman

3

Banyak orang bertanya bagaimana Walt Disney dan perusahaannya sampai detik ini terus mendapatkan keuntungan yang sungguh besar. Jawabannya adalah usaha perusahaan itu untuk tetap menjadikan taman bermain Disneyland -- tempat yang paling membahagiakan untuk dikunjungi dan juga usaha untuk membuat pelanggan selalu tersenyum dalam situasi apapun.

“Disneyland is a show” atau Disneyland adalah sebuah pertunjukan, adalah kalimat berikutnya.

Kutipan ini terasosiasi langsung dengan sistem customer care.

Kata singkat ini mempunyai makna yang panjang, yaitu untuk semua pelaku bisnis dan pengusaha agar sadar bahwa ‘image is everything’.

Memang Walt Disney dan perusahaannya mempunyai kesempatan lebih untuk berinovasi karena dunia entertainment yang mereka pegang, sehingga bisa selalu menciptakan kreativitas baru setiap hari agar tidak terkesan membosankan.

Inti dari kutipan ini adalah para pelaku bisnis harus bisa ‘berkomunikasi’ dengan publik karena merekalah target perusahaan anda. Apabila komunikasi berjalan lancar dan pesan yang anda ingin berikan sampai dengan baik, maka yakinkan bahwa perusahaan anda telah memberikan ‘pertunjukan’ yang optimal.

Seperti dikutip dari financialpost, Universitas McMaster sempat menggelar seminar ‘Disney’s Approach to Business Excellence’ di mana 250 pelaku bisnis profesional hadir untuk mempelajari cara ‘komunikasi’ seperti yang Walt Disney dan perusahaanya terapkan untuk tetap bisa berada di papan atas.

Forbes pun mengagumi kehebatan Walt Disney karena hanya setahun membuat konsep Disneyland, tetapi popularitas bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

Walt Disney

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.