Sukses

Unik, Wig ala Bangsawan Terbuat dari Kertas

Liputan6.com, Brussel - Bisa betul-betul dikenakan atau tidak itu urusan berikutnya. Namun, detail wig yang penuh intrik sungguh mengagumkan.

Seniman Rusia Asya Kozina menarik perhatian netizen dengan wig gaya Baroque yang penuh detail, terbuat dari kertas.

Gaya rambut sasak tinggi itu populer pada akhir era Baroque, dikutip Crystal Links. Pada era tersebut, wig dibuat dari rambut manusia atau kuda.

Wig dengan gaya mendetail diminati khususnya di kalangan atas dan kerajaan. Pada akhir era, bahkan kaum wanita menggaya rambut wig mereka hingga tingginya bisa mencapai 60 cm!

Wig kertas karya Kozina dimodel sesuai wigera Baroque yang 'heboh' dan penuh detail dan hiasan. (Asya Kozina)

Pada Abad ke-17 dan 18, wig menjadi simbol status, semakin banyak seseorang memiliki wig, semakin dianggap bergengsi kelasnya.

Wig dibuat untuk seluruh anggota keluarga. (Asya Kozina)

Salah satu ikon gaya ini adalah Marie Antoinette. Sedangkan, Raja Louis XIII dilaporkan mengenakan wig karena mengalami kebotakan dini.

Wig gaya itu dibuat Kozina untuk seluruh anggota keluarga, untuk menekankan pada masa itu wig diminati oleh semua usia dan gender, bukan hanya kaum wanita yang bergaya seperti di masa sekarang.

Dilaporkan Rocket News, selain kelung-kelungnya yang ditata dari helai demi helai kertas, wig karya Kozina juga melibatkan hiasan yang mendetail.

Ada bunga-bunga kertas yang ditata di bagian atas wig, juga bentuk yang menyerupai kapal perang era Abad Pertengahan! Namun, di masa lalu, gaya sedemikian merupakan tren.

Adanya hiasan seperti tiruan kapal layar umum ditemukan di wig era Baroque dan Rococo. (Asya Kozina)

Kozina, yang kini menetap di Brussel, Belgia, andal dalam menciptakan kerajinan kertas. Selain wig kertas, ia juga pernah membuat gaun, kuda-kudaan, topeng, dan patung dari potongan kertas.

Walau mengenai pemakaian jangka panjangnya belum jelas, wig buatan Kozina patut dikagumi dengan detilnya. (Asya Kozina)

Gambar-gambar di kertas yang dipotongnya dengan cutter dan gunting amat mendetail, dan itu yang menjadikan karya Kozina pusat perhatian para netizen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini