Sukses

Cantiknya, Barbie Modis Berhijab ala Bintang Internet

Barbie tetap cantik dan modis walau dengan pakaian serba tertutup. Namun bukan hanya itu yang ingin ditunjukkan Haneefah Adam.

Liputan6.com, Abuja - Bulan Januari lalu, dirilis boneka Barbie dengan variasi bentuk tubuh dan warna kulit. Namun, bukan berarti gaya Barbie tak bisa lebih beragam lagi. Di tangan Haneefah Adam, hadir Barbie berhijab.

Adam yang berasal dari Nigeria mendandani para Barbie bukan dengan gaun ala putri raja ataupun bikini, melainkan busana muslim, lengkap dengan hijab dan abaya. Semua ditampilkan di akun Instagram Hijarbie.

Adam mendapat ide untuk Hijarbie beberapa bulan sebelumnya, setelah melihat-lihat dan mengamati akun Instagram Barbie Style. Akun tersebut menampilkan Barbie dengan busana ala blogger dan bintang Instagram terkenal masa kini, dan memiliki lebih dari 1,3 juta followers.

Bukan dengan gaun putri raja atau pakaian renang, para Barbie terlihat modis dengan hijab. (Instagram/Hijarbie)

"Saya jadi berpikir, bagaimana jika boneka itu berpakaian seperti diri saya, serba tertutup," tutur Adam pada Mic.

Adam terus mengolah ide itu selama tiga bulan, selagi dirinya mengejar gelar S2 di Inggris.

"Ketika saya kembali ke Nigeria, saya pergi ke mal, membeli bonekanya, mendandaninya, mendokumentasikannya, dan beginilah hasilnya."

Adam, yang mendirikan merek busana dan produk kecantikan Hanie, membuat sendiri pakaian dan hijab para Barbie. Baru-baru ini, ia mendesain dan menjahit busana yang terinspirasi dari blogger fesyen berhijab terkenal.

Pada era digital ini, kaum wanita muslim peminat fesyen semakin banyak. Peritel busana terkenal seperti H&M dan Uniqlo pun merilis produk untuk busana hijabi, dan merekrut model hijabi.

Setelah kembali ke Nigeria, Adam bergegas membeli Barbie dan membuat pakaian-pakaiannya. (Instagram/Hijarbie)

Namun, Hijarbie bukan hanya menunjukkan bahwa gaya sopan dan serba tertutup pun bisa modis, menurut Adam. Namun juga membuktikan pada para anak-anak perempuan berhijab bahwa mereka tidak kalah cantik dan spesial dari boneka Barbie.

"Saya ingin mereka terinspirasi. Ini soal keragaman dan mengingatkan pentingnya ada mainan yang merepresentasikan agama, budaya, dan kesamaan dengan setiap orang, yang nantinya, akan meningkatkan kepercayaan diri," ucap Adam.

Busana berhijab Barbie terinspirasi dari para blogger dan bintang Instagram terkini. (Instagram/Hijarbie)

Alasan serupa menjadi perhatian Mattel, yang membuat Barbie dengan variasi bentuk tubuh--tinggi, pendek, dan berisi--dan warna kulit, yang lebih merepresentasikan penampilan anak-anak yang bermain dengan boneka cantik itu.

Adam menekankan, ia ingin anak-anak gadis muslim memiliki boneka yang merepresentasikan mereka. (Instagram/Hijarbie)

"Penting untuk menghargai anak gadis Muslim," ungkap Adam. "Mereka bisa jadi lebih percaya diri, dan bersemangat. Hasilnya, mereka akan lebih menghargai diri sendiri dan gaya hidup mereka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini