Sukses

Ini Alasan Tutup Pulpen Memiliki Celah di Atasnya

Tak banyak diketahui, tutup pulpen Bic memiliki celah pada bagian atasnya. Lubang tersebut ternyata dibuat untuk menyelamatkan nyawa Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai hal kecil yang tidak diketahui dalam keseharian kita. Hal tersebut bisa saja benda yang Anda gunakan dalam beraktivitas. Contohnya, lubang kecil yang terdapat pada setiap tutup pulpen merek Bic. Apa Anda tahu fungsinya?

Ternyata lubang itu tidak dibuat tanpa alasan. Fungsinya bukan sebagai mainan peluit atau sengaja dibuat agar tinta jatuh ke dalam kantung atau tas ketika bocor.

Tak banyak diketahui, lubang itu ternyata dibuat untuk menyelamatkan nyawa manusia. Bagaimana bisa?

Dilansir News.com.au, Jumat (5/1/2016), pada tahun 1991 Bic menerapkan ide lubang pada tutup pulpen untuk mengurangi risiko sesak napas dan tersedak.

Ketika sedang bengong dan menggerogoti tutupnya dan secara tak sengaja tertelan, celah tersebut dibuat agar anda bisa tetap bernapas.

Namun ada baiknya teori tersebut tidak dibuktikan.

Lubang tersebut dibuat setelah kejadian serupa terjadi di Inggris.

Seorang bocah 13 tahun bernama Ben Stirland dari Durham, Inggris, meninggal dunia setelah terjatuh dari kursinya dan secara tidak sengaja menelan tutup pulpen yang ia sedang gigit.

Namun ibunya bocah tersebut, Nathalie Hodgeon, menyangkal teori tersebut dengan mengatakan bahwa celah keamanan pada tutup pulpen tidak ada gunanya.

"Cairan di dalam tubuh dengan mudah akan menghalangi jalur udara, sementara bentuk tutupnya akan mudah tersangkut di tenggorokan."

"Aku telah kehilangan bagian besar dari hidupku dan jika aku bisa meningatkan satu orang tua untuk meghalangi kematian seperti ini terjadi lagi aku akan melakukannya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini