Sukses

Pamerkan Foto Kanker Payudara, Perempuan Ini Hebohkan Facebook

Rowena Kincaid telah didiagnosis mengidap kanker payudara saat usianya berumur 33 tahun.

Liputan6.com, London - Seorang wanita asal Inggris mendadak mencuri perhatian para pengguna sosial media Facebook. Tak tanggung-tanggung, 10.000 orang langsung menjadi followers di akun pribadinya.

Gara-garanya, ia memposting foto payudaranya. Bukan untuk pamer, Rowena Kincaid -- namanya -- sama sekali bukan eksibisionis.

Ada alasan kuat mengapa perempuan 40 tahun itu mengunggah foto tersebut.

Seperti dilansir dari News.com.au, Rabu (3/2/2016), ia ingin mengedukasi masyarakat tentang gejala penyakit serius yang harus diwaspadai, khususnya bagi setiap wanita: kanker payudara.



"Setiap ruam atau bintil-bintil merah yang Anda temukan di payudara dan tidak mau hilang atau tampaknya semakin parah, segera harus diselidiki," tulis Rowena pada akun Facebook-nya, 'Rowena Kincaid: Before I Kick The Bucket'

Rowena Kincaid didiagnosis mengidap kanker payudara saat berumur 33 tahun. Untuk menghilangkan kanker yang mulai menggerogoti payudaranya, segala macam pengobatan dan perawatan, seperti operasi dan kemoterapi ditempuhnya, namun kankernya tetap kembali.

"Karena tumor yang bersarang di belakang puting saya telah mengambil suplai darah saya, warnanya pun lebih terang," tulisnya di Facebook, seperti dilansir dari Walesonline, Rabu (3/2/2016).

Rowena memposting payudara kanannya yang memperlihatkan ruam berwarna pink disekitar putingnya pada 23 Januari 2016.

Baru beberapa jam, salah satu media online di Inggris, Cardiff mengatakan fotonya telah dihapus karena dianggap telah melanggar kode etik jejaring sosial Facebook, yaitu kebijakan anti ketelanjangan.

"Mereka tidak melihat apa alasan di balik itu. Gambar yang aku posting sebelumnya benar-benar dapat menyelamatkan nyawa," ujar Rowena.

Perselisihannya dengan Facebook, membuat Rowena memutuskan untuk membuat sebuah film dokumenter bekerja sama dengan BBC, yang berjudul '‘Before I Kick the Bucket’ .

Meski begitu ia tetap kukuh untuk memposting  foto ruam yang ada di payudaranya, namun dengan foto yang sudah diedit. Emoticon yang sedang tersenyum di atas puting.

 Meski begitu ia tetap kukuh untuk memposting  foto ruam yang ada di payudaranya, namun dengan foto yang sudah diedit. Emoticon yang sedang tersenyum di atas puting.(news.com)

"Apa yang Anda lihat adalah ruam di dada di sekitar puting. Dalam kasus saya itu pasti kanker."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.