Sukses

7 Bandara Paling Unik di Dunia

Terasing di lautan, dikelilingi gedung-gedung dan buka hanya seminggu setahun, bandara-bandara ini merupakan yang terunik di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam membangun bandara, ada banyak yang perlu menjadi pertimbangan.

Beberapa di antaranya, adalah memilih lokasi dengan ruang yang cukup, tanah datar, pemandangan jelas, dan aliran angin yang menguntungkan.

Ternyata, tak semua bandara memenuhi syarat-syarat tersebut. Namun, itu yang membuat sejumlah bandara dikenal. Tanya jawab melalui situs Quora, seorang pengguna mengajukan pertanyaan, "bandara apa yang paling unik di dunia?"

Jawaban yang didapatkan pun beragam. Ada yang menjawab bandara dengan keamanan yang mengkhawatirkan, dan ada yang menyebutkan sebuah bandara yang terletak di pulau buatan jauh dari daratan.

Dikutip News.com.au, inilah bandara-bandara paling unik di dunia!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1-4

Federal Transfer Centre, Oklahoma, AS

Federal Transfer Centre. (foto: kfor)

Tak hanya sebagai bandara, tempat ini juga berfungsi ganda sebagai... Penjara!

Federal Transfer Centre merupakan fasilitas untuk mentransfer tahanan dari satu penjara federal ke lainnya. Tempat ini terletak di dekat Will Rogers World Airport dan landasan pesawat melewati dua gerbang yang menyambung ke penjara.

Bandara Ibukota Black Rock City, AS

Bandara Ibukota Black Rock City. (foto: flightclub.jalopnik)

Keunikan bandara ibukota Black Rock City terletak pada waktu operasinya yang hanya satu minggu per tahun. Bandara dikenal sebagai 88NV, yang merupakan kode IATA bandara.

Mengapa hanya seminggu setiap tahunnya? Karena bandara ini eksklusif bagi para pengunjung festival seni tahunan yang digelar di Black Rock , Burning Man.

"Ini sebuah tanah kotor yang menampung 150 pesawat untuk para pengunjung Burning Man, terletak di tengah danau kering di padang pasir Nevada," tulis salah satu pengguna Quora.

Bandara dilengkapi layanan lengkap terminal, layanan charter, operator skydiving, dapur bandara, pom bensin pesawat, dan layanan berkeliling yang menawarkan melihat-lihat pemandangan.

Banyak pilot yang menghabiskan banyak waktu dan uang untuk memfasilitasi, dan bekerja sukarela mempertahankan bandara.

Bandara Internasional Kansai, Jepang

Bandara Kansai. (foto: National Geographic Documentary)

Bandara Kansai terletak jauh dari daratan, dibangun di pulau buatan berukuran 21.000.000 meter kubik.

Bandara ini tak mendapatkan tempat atau izin untuk beroperasi 24jam di kota, dan tak ada lahan pinggir kota yang bisa digunakan, sehingga dibangunlah pulau tersebut.

Bandara Kai Tak, Hongkong

Bandara Kai Tak. (foto: CNN)

Bandara Kai Tak merupakan bandara internasional Hongkong dari 1925 hingga 1998.

Pada akhir tahun 80-an, Hongkong merupakan kota padat di antara pegunungan dan lautan, yang dihuni oleh tujuh juta orang di kota 1.030 meter kubik. 

Satu-satunya bandara yang ada di kota ramai ini adalah Kai Tak. Bandara tersebut berada di sebagian lahan kering di pelabuhan, dengan dikelilingi gedung-gedung tinggi.

"Tempat ini terbilang pendek bagi pesawat-pesawat besar, dan rasanya mengerikan setiap kali mendarat dengan Boeing 747. Ketika melihat ke luar jendela saat take off atau mendarat, Anda bisa melihat seolah-olah pesawat akan menabrak rumah orang," komentar seorang pengguna Quora.

3 dari 3 halaman

5-7

Sea Ice Runway, Stasiun McMurdo, Antartika

Sea Ice Runway. (foto: mcmurdotimes.com)

Sea Ice Runway merupakan landasan pesawat resmi untuk US Antarctic Program dalam musim panas Antartika karena jaraknya dekat dengan Stasiun McMurdo.

Namun, yang paling membuat ngeri, adalah penggunaan es untuk melapisi landasan.

Pembuatan lapisan es di landasan untuk pesawat beroda dibangun pada awal musim, dan digunakan sampai awal Desember ketika es di lautan mulai retak.

Bandara Paro, Bhutan

Bandara Paro Bhutan. (foto: travel-images.com)

Bandara Paro adalah satu-satunya bandara internasional di Bhutan, dan layanannya diselenggarakan oleh National Airline Druk Air.

Dalam mendarat, pilot perlu menavigasi pesawat melalui celah sempit antara dua lembah. Sebelum sampai ke landasan, sebuah pesawat perlu berbalik, dan diperlukan keterampilan lebih untuk menyesuaikan pesawat sehingga paralel dengan lantai landasan dalam waktu singkat.

"Dengan puncak gunung yang tingginya mencapai 5.500 meter, bandara ini merupakan bandara paling menantang dalam pendaratan di dunia.

Penerbangan ke Paro diatur di bawah pengamatan visual meteorologis, dan hanya boleh dilakukan pada saat matahari masih ada di langit," tulis seorang pengguna Quora.

Bandara Barra, Skotlandia

Bandara Barra. (foto; Wikipedia)

Bandara Barra merupakan bandara dengan landasan pendek terletak di teluk dangkal dan lebar Traigh Mhòr, di ujung Utara pulau Barra di kepulauan Innse Gall Barat.

Tempat ini merupakan satu-satunya di dunia di mana penerbangan yang terjadwal menggunakan pantai sebagai landasan ketika ombak surut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.