Sukses

Kue Spesial untuk Ultah ke-16 Panda Merah

Usia Chori si panda merah betina mencapai 16 tahun, melewati rata-rata usia sejenisnya.

Liputan6.com, Sydney - Panda merah merupakan hewan langka. Walau begitu, jumlah mereka sudah meningkat sejak 2 dekade terakhir. Mereka bahkan mampu hidup sampai usia 16 tahun.

Hewan yang berasal dari hutan Himalaya ini merupakan jenis yang dilindungi, menurut status dari IUCN Red List. Ancaman besar yang dihadapi spesies binatang ini adalah berkurangnya pohon-pohonan di habitat asli mereka, akibat meningkatnya jumlah populasi manusia.

Chori si panda kadang-kadang bersikap bak 'diva'. (foto: Symbio Wildlife Park)

Di penangkaran sedunia, total ada 800 ekor panda merah, menurut statistik tahun 2006 dari Red Panda International Studbook. Jumlah ini meningkat dari 300 ekor yang tercatat pada tahun 1992.

Jangka hidup usia panda merah adalah 12 sampai 14 tahun di alam liar, dengan rata-rata hidup 8 tahun.

Namun Chori si panda merah di Symbio Wildlife Park, Sydney melewati jangka usia itu. Baru-baru ini, hewan menggemaskan ini merayakan ulang tahunnya ke 16, lengkap dengan kue buah-buahan kesukaannya dan rebung.

Chori tiba di Symbio 6 tahun lalu, sebagai bagian program pengembangbiakkan dan menjadi atraksi utama kebun binatang. Penjaga Chori, Ash, mengaku panda merah betina itu bisa bersikap seperti 'diva' setiap pagi.

Chori si panda merah dan kue ulang tahun ke 16-nya. (foto: Symbio Wildlife Park)

"Ia selalu menghabiskan waktu 10 menit merapikan diri, sebelum turun dari pohon. Bahkan ketika ada kue lezat ini!" Ungkap Ash pada 9 News.

Walau usianya terbilang sepuh, Chori masih aktif di pagi dan malam hari, menghabiskan waktunya di ranting-ranting pohon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.