Sukses

Terkuak, Identitas Bocah di Balik Baju Messi Plastik Keresek

Akhirnya, jati diri bocah pemakai baju Messi dari plastik keresek terungkap!

Liputan6.com, Afghanistan - Misteri identitas anak laki-laki yang menggunakan kantong keresek bertuliskan nama bintang sepak bola Lionel Messi sebagai baju tampaknya sudah terpecahkan.

Ia ternyata adalah bocah berusia 5 tahun bernama Murtaza Ahmadi, yang berasal dari daerah pedesaan di Afghanistan. Murtaza adalah penggemar berat Messi.

Terkuaknya misteri bocah pemakai jersey dari kantong plastik bertuliskan nama Messi itu bertolak belakang dengan laporan yang menyebutkan anak ini berasal dari wilayah Kurdi Irak.

Terkuak, Misteri Bocah di Balik Baju Messi Plastik Keresek

Bocah misterius itu mulai dilacak melalui dunia maya setelah muncul foto dari belakang yang menunjukkan tas plastik bergaris-garis biru bertuliskan Messi.

Foto tersebut menjadi viral dan disebutkan anak dalam gambar berasal dari Kurdi, Irak. Bahkan bintang Barcelona, Messi ingin bertemu dengan penggemar mudanya ini agar ia mendapatkan jersey yang layak.

Namun Azim Ahmadi, seorang orang Afghanistan yang tinggal di Australia menerbitkan foto keponakannya, Murtaza yang ia sebutkan merupakan anak di foto itu. Dalam gambar tersebut, terlihat banyak kesamaan dengan foto misterius sebelumnya menjadi viral.

Azim kemudian menghubungi BBC Trending dan meminta abangnya, Arif -- ayah Murtazza -- di Afghanistan untuk berbicara dan memastikan bahwa putranya adalah anak di foto yang menyebar di internet.

Arif lantas menuturkan bahwa foto awal Murtazza dari belakang diambil oleh putra tertuanya Hamayon, yang diterbitkan di akun Facebook-nya.

Keluarga Murtazza tinggal di kawasan Jaghori, di Provinsi Ghazni, Afghanistan.

"Anak ini penggemar berat Messi dan sepak bola. Tidak mungkin bagi kami membeli jersey untuknya. Saya petani biasa. Jadi anak-anak memutuskan untuk menggunakan tas plastik," kata Arif kepada BBC Trending. 

"Murtazza tahu bahwa ia sekarang terkenal dan sangat senang," ujarnya lagi.

Jika klaim bahwa Murtazza adalah anak laki-laki dalam foto itu benar, ini akan bertolak belakang dengan laporan di TV Kurdi yang menyebutkan anak laki-laki lain sebagai anak misterius itu.

Terkuak, Misteri Bocah di Balik Baju Messi Plastik Keresek (BBC)

TV Kurdistan sebelumnya sempat melaporkan anak lelaki bernama Homin-lah yang ada di foto tersebut. Bocah itu diketahui tinggal di Dohuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini