Sukses

Fotografer Jual 'Sebuah Kentang' Seharga Miliaran Rupiah

Seorang fotografer yang terobsesi dengan kentang telah menjual karyanya yang mencapai miliaran rupiah. Bagaimana bentuk kentang itu?

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warga Paris, Prancis, belum lama ini mengeluarkan lebih dari US$ 1 juta dolar untuk foto sebuah kentang. Itu menjadi salah satu dari 20 foto termahal yang pernah terjual.

Jangan langsung menilai dan merasa heran tanpa alasan, foto ini diambil oleh Kevin Abosch, seorang fotografer yang sedang naik daun di dunia sekarang, seperti yang diberitakan oleh Business Insider.

Klien yang membuatnya terkenal antara lain penghuni Silicon Valley seperti Sheryl Sandberg, Eric Schmidt, and Jack Dorsey.

Subjek terkenal lainnya termauk Johnny Depp, Setven Spielberg, Dustin Hoffman, Dennis Hopper dan Malala Yousafzai.

Namun, belakangan diketahui, Abosch terobsesi dengan kentang. Ia telah mengambil ratusan foto dari tumbuhan umbi-umbian itu dengan latar belakang hitam yang menjadi ciri khasnya.

Kevin Abosch adalah seorang fotografer yang sedang naik daun di dunia sekarang ini. (odditycentral)

Foto itu berukuran 162 x 162 cm berjudul 'Potato #345 (2010)'. Gambar kentang itu terpajang di studionya di Paris ketika salah seorang kliennya mampir dan bersikeras untuk memilikinya.

"Itu bukan pertama kalinya seseorang membeli karyaku langsung dari dinding," ungkap pria kelahiran Irlandia tersebut.

"Kami sedang menikmati dua gelas wine, lalu ia mengatakan 'aku sangat menyukai itu'. Dua gelas lagi, lalu ia mengatakan, 'aku sangat menginginkan foto itu'. Lalu kami menentukan harga dua minggu kemudian," ceritanya.

Dilansir, Oddity Central, Selasa (26/1/2016), ketika menentukan harga, Abosch melontarkan US$ 1 juta dan enggan untuk melakukan negosiasi ulang. Secara mengherankan pembeli tersebut menerima tawarannya.

Foto itu menjadi penjualan termahal Abosch. Namun, nominal tersebut terpaut jauh dari bayarannya untuk sesi foto kalangan selebritas yang berkisar US$ 150.000. Sementara penggunaan karyanya secara komersil bernilai lebih tinggi, sekitar US$ 500.000 per foto.

Salah satu foto kentang lainnya karya Kevin Abosch. (odditycentral)

Foto-fotonya hingga kini telah tampil dalam fitur dan halaman muka majalah internasional di antaranya, Vogue.

Seperti yang diberitakan dalam Vogue Italia edisi Maret 2008 tertulis, "Abosch tahu wajah asli seorang bintang."

Abosch sepakat bahwa nilai keaslian fotonya berada pada keterampilannya untuk memanusiakan wajah yang paling terkenal sekalipun.

"Menurutku ketika seseorang menatap wajah yang jujur, tanpa topeng, aura keraguan akan terangkat dan di situlah terdapat sesuatu yang menenangkan," ungkapnya.

"Kekuatan dan kerentanan terlihat. Kerentanan bukan berarti kelemahan, dan ada sesuatu yang menenangkan bagiku untuk mengetahui itu," ia menambahkan.

Secara mengejutkan pria berusia 47 tahun yang belajar fotografi secara otodidak itu tidak menghabiskan banyak waktu dalam setiap sesi foto. Terkadang ia hanya mengambil dua foto. Namun untuk mempersingkat waktu ia memiliki trik khusus yang selalu digunakan.

Setiap kali memulai sesi ia selalu mengajukan pertanyaan kepada subjek, "Sisi mana dari wajah Anda yang lebih baik ?"

Jika memiliki pilihan sendiri, mereka akan langsung mengatakannya. Jika tidak, ia sudah bisa melihat sisi mana yang lebih baik dari seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini