Sukses

Ini Tempat Persembunyian Baru Monster Loch Ness?

Ditemukan danau terdalam di dunia, yang memunculkan dugaan, menjadi tempat favorit terbaru monster Loch Ness.

Liputan6.com, Inverness - Pencarian makhluk mitos monster Loch Ness maju satu langkah lagi. Kini ditemukan tempat yang diduga merupakan persembunyian makhluk raksasa itu.

Di perairan teluk Inverness, seorang nelayan percaya ia telah menemukan tempat persembunyian monster Loch Ness. Danau Morar tercatat sebagai danau terdalam di Britania Raya dengan kedalaman 310 meter, dan dipercaya merupakan rumah hewan mistis air lainnya, morag.

Sebelumnya, Loch Ness merupakan danau terbesar di Inggris dengan kedalaman 248 meter, sebelum penemuan baru dari Keith Stewart, seorang nelayan.

Pria berusia 43 tahun yang merupakan kapten kapal layar ini menemukan ceruk seluas 270 kaki 9 mil dari Inverness, melalui perlengkapan sonar-nya.

Danau Morar, yang diduga menjadi kediaman terbaru 'Nessie'. (foto: News.com.au)

Koleganya dari Jacobit, perusahaan kapal turis, menamakannya 'Lubang Dalam Keith', dan pengakuan ini mendorong Keith mencari-cari lagi apa yang akan ditemukannya. 

"Sebelumnya, saya tak percaya monster," ungkap Keith pada News.com.au. "Namun dua minggu lalu, saya menangkap gambar sonar sosok bertubuh memanjang berpunuk. Sosok itu tak terlihat ketika saya kembali untuk memindai dasar danau."

Awalnya, Keith melihat bentuk hitam yang terletak di antara Clansman Hotel dan Drumnadrochit, yang kemudian diketahuinya sebagai ceruk. Diukur dengan perlengkapan 3D teranyar, ceruk itu lebih dalam 25,3 kaki dari titik terdalam yang sebelumnya, Edward's Deep.

Keith menjelaskan, pemandangan itu hanya terlihat sekitar beberapa ratus meter tepi pantai, yang artinya lebih dekat dari lokasi pencarian monster Loch Ness dengan teknologi sonar.

"Pencarian monster selalu dilakukan di area tersebut, selain di Teluk Urquhart. Mungkin legenda setempat mengenai gua bawah laut yang menjadi perantara monster berpindah danau ada benarnya. Hal ini perlu dibuktikan dengan lebih banyak riset, namun ini prospek yang amat menarik."

Keith melanjutkan, "Mungkin saja ada gempa bawah air yang membuat lubang baru-baru ini, karena aliran Great Glen ada di lokasi strategis di mana getaran terdengar."

Ketua Fan Club monster Loch Ness, Gary Campbell yang mengamati peristiwa laporan penampakan monster pun setuju.

"Ini menambah perspektif lain, kami berpikir danau itu dalamnya hanya 246 meter namun ternyata ada lubang di dasarnya," ungkap Campbell. "Artinya, dalamnya hampir 274 meter, dua kali dalamnya laut Utara. Tempat seperti ini seperti persembunyian sempurna bagi Nessie dan keluarganya, menjelaskan mengapa mereka jarang terlihat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.