Sukses

Mobil Fiat Edisi Khusus Paus Fransiskus Dilelang

Dua kendaraan yang digunakan oleh Paus Fransiskus akan dilelang pada bulan ini. Ditaksir berapa mobil tersebut?

Liputan6.com, Philadelphia - Mobil Fiat edisi khusus akan dilelang. Disebut khusus, karena mobil yang hanya ada 2 di dunia ini adalah kendaraan yang dipakai oleh Paus Fransiskus ketika mengunjungi Philadelphia beberapa bulan lalu.

Dikutip The Guardian, Kamis (21/01/2016), dua buah Fiat 500L ini dibuat khusus dan memiliki plat nomor Secret Service. Namun hanya satu unit yang akan dilelang pada 29 Januari 2016 dalam pembukaan Philadelphia Auto Show tahun ini.

Rabu lalu, perusahaan Max Spann Real Estate and Auction Company menaksir mobil tersebut sekitar Rp 417 juta, tapi mereka menolak untuk memberikan ramalan harga lepasnya ketika di lelang nanti.

Mereka yang berminat dapat mengikuti lelang secara langsung dan online. Sementara, hasil lelang akan disumbangkan kepada gerakan amal yang dikelola oleh keuskupan Philadelphia.

Mobil Fiat 500L yang pernah dikendarai oleh Paus Fransiskus ketika mengunjungi kota Philadelphia akan dilelang. (Sumber phillymag.com)

 “Saya rasa banyak yang akan tertarik. Karena pernah dipakai oleh Sri Paus, tentu ada nilai secara kasat mata. Sulit sekali untuk ditebak," kata Mark Spann, presiden rumah lelang.

Menurut keuskupan, Fiat Chrysler hanya membuat dua unit Fiat 500L untuk keperluan Paus di Philadelphia, sementara dinas Secret Service menyediakan plat nomor kendaraan. Menurut laporan, perusahaan Fiat Chrysler menyumbangkan kedua kendaraan kepada gereja.

Sri Paus juga menggunakan model mobil yang sama ketika mengunjungi New York dan Washington dalam kunjungan AS pada  22 hingga 27 September lalu yang dipandang sebagai sikap kesederhanaannya.

Donna Crilley Farrell, direktur eksekutif untuk World Meeting of Families – Philadelphia 2015 mengatakan, “Fiat telah menjadi ikon kunjungan Sri Paus.”

Keuskupan New York dan Washington juga berharap untuk memiliki kedua Fiat yang digunakan oleh Paus Fransiskus, tapi mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan kendaraan-kendaraan itu.

Juru bicara Fiat Chrysler Automobiles mengatakan bahwa perjalanan Paus kelahiran Argentina itu telah memberikan peningkatan terhadap merek Fiat di AS yang bertepatan dengan peluncuran produk komersial Fiat 500X pada 2016 ini.

Penjualan Fiat 500L kini telah mengalami lonjakan sebesar 35% pada Desember lalu dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, dan tercatat sebagai bulan dengan penjualan terbaik mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini