Sukses

Pria Tertua di Dunia Tutup Usia

Yasutaro Koide yang menjadi pria tertua di dunia itu lahir pada tanggal 13 Maret 1903.

Liputan6.com, Tokyo - Pria tertua di dunia, seorang berkewarganegara Jepang meninggal dunia. Ia meninggal dunia pada usia 112 tahun, 2 bulan sebelum ulang tahunnya ke 113.

"Dia meninggal Selasa pagi, karena gagal jantung dan radang paru-paru," kata Departemen Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan seperti dikutip dari The News Advance, Rabu (19/1/2016).

Yasutaro Koide lahir pada 13 Maret 1903. Dalam wawancara beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari BBC, ia sempat mengatakan rahasia hidup selama itu dengan tidak berlebihan melakukan sesuatu.

Koide juga mengaku tak minum alkohol atau merokok serta hidup penuh sukacita.

Koide (diucapkan "Koy-deh") yang berasal dari Nagoya itu bekerja sebagai penjahit ketika masih muda. Dia dinobatkan menjadi pria tertua di dunia oleh Guinness World Records pada Agustus 2015.

 

Pria tertua asli Tokyo, Jepang dilaporkan berusia 111 tahun. Ia adalah Masamitsu Yoshida yang lahir pada 30 Mei 1904.

Setelah Koide meninggal, belum diketahui apakah Yoshida akan menggantikan posisi pendahulunya menjadi laki-laki tertua di dunia.

Sementara orang tertua di dunia adalah Susannah Mushatt Jones. Wanita Amerika, 116 tahun dari Brooklyn, New York. Ia mengambil gelar tahun lalu setelah kematian Misao Okawa di Jepang pada usia 117.

Orang tertua yang pernah hidup menurut Guinness World Records adalah Jeanne Calment dari Prancis, yang hidup 122 tahun dan 164 hari. Dia meninggal pada Agustus 1997.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini