Sukses

13 Penampakan Paling Aneh di Google Earth

Liputan6.com, Mountain View - Abad informasi memang menakjubkan. Melimpahnya informasi baru bukan yang sekarang tersingkap bukan hanya dalam bentuk tulisan, tapi dalam bentuk gambar.

Penggunaan Google Earth, misalnya, menyajikan sejumlah benda, tempat, atau fenomena aneh yang selama ini belum diketahui atau tersembunyi berbagai bagian Bumi, misalnya kuburan pesawat tempur usang, pola polka dot buatan semut, struktur aneh di gurun Gobi, dan pulau tahyul di Pasifik Selatan.

Nah, mari simak 13 temuan unik yang dimaksud sebagaimana dikutip dari Live Science pada Selasa (19/01/2016).

1. Pulau Takhayul

Pada 2012, sekelompok peneliti Australia ‘menemukan’ sebuah pulau seukuran pulau Manhattan (New York) di Pasifik Selatan.

Pulau di dekat New Caledonia itu dinamai Sandy Island dan terlihat padat kehitaman di Google Earth. Namun ketika mereka berlayar ke sana pada November 2012, mereka tidak menemukan apapun kecuali lautan luas.

Pulau tahyul (Sumber Live Science)

Dalam suatu terbitan pada April 2013, para peneliti menjelaskan mengapa tanah khayalan ini tertera dalam peta selama lebih dari seabad dan menduga ada kesalahan manusia atau adanya batu apung.

2. Danau 'darah'

Danau merah darah (Sumber Live Science)

Sebuah badan air di luar kota Sadr City di Irak terlihat seperti danau berwarna merah darah. Belum ada penjelasan resmi mengenai titik di koordinat 33,396157° LU, 44,486926° BT ini.

3. Seni Semut

Suatu pola polka dot yang ganjil berada di dekat kerucut gunung berapi Vulcan’s Throne di utara Grand Canyon mungkin bisa dijelaskan secara sederhana sebagai sarang semut.

Nyatanya, gurun di sekitar Grand Canyon memang menjadi rumah bagi semut merah (Pogonomyrmex barbatus).

Sarang semut (Sumber Live Science)

Hama ini dapat membuat gundukan sarang hingga membentang 120 centimeter dan biasanya dikelilingi tanah tandus hingga seluas 10 meter persegi, demikian kata ahli fisika Amelia Carolina Sparavigna, seorang spesialis analisis pencitraan satelit di Politecnico of Torino di Italia.

Ia membahasnya dalam makalah ilmiah online pada 11 Januari 2016. Namun demikian, makalah ini masih harus mendapat rujukan sesama ahli dan memerlukan pemeriksaan di lapangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pulau Unik hingga Kuburan Pesawat

4. Pulau di dalam danau

Pulau unik itu berupa sepotong daratan seluas 4 hektar di Kanada yang terletak di koordinat 69,793° LU, 108,241° BB.

Pulau-dalam-danau-dalam-pulau-dalam-danau-dalam-pulau (Sumber Live Science)

Pulau tak bernama ini berada di tengah sebuah danau yang terletak di pulau yang lebih besar.

Semuanya berada di dalam rangkaian danau memanjang seperti jari di daratan sejauh 75 mil dari pantai selatan pulau Victoria, suatu daratan di bagian utara Kanada.

Pulau dalam pulau ini tidak akan ketahuan kalau bukan karena kegigihan pencinta Google Earth. Kemungkinan besar belum pernah ada manusia yang ke sana.

5. Kuburan Pesawat

Pangkalan Udara Davis Monthan di Tucson, negara bagian Arizona adalah tempat 'bangkai' pesawat-pesawat militer AS ditempatkan.

Dikenal dengan julukan 'kuburan', hamparan besi tua seluas 10,52 kilometer persegi ini berada di koordinat 32 08'59,96" LU, 110 50'09,03"BB dan tertutup untuk umum.

Kuburan pesawat (Sumber Live Science)

Namun demikian, Google Earth memberikan gambaran resolusi tinggi mengenai apa yang ada di dalam, termasuk hampir semua jenis pesawat tempur yang pernah ada sejak Perang Dunia II, mulai dari B-52 StratoFortress hingga F-14 Tomcat sedang ‘membusuk'.

6. Huruf Terbesar

Hamad bin Hamdan al Nahyan, seorang Sheikh triliuner dan anggota keluarga penguasa di Abu Dhabi, membuat ukiran namanya di permukaan berpasir di pulau al Futaisi (di Teluk Persia) miliknya.

Tulisan 'HAMAD' setinggi 1,6 kilometer sepanjang 3,2 kkilometer ini bisa jadi merupakan yang terbesar sedunia dan terlihat dari angkasa.

Hamad (Sumber Live Science)

Biasanya huruf yang terukir di pasir akan tersapu, tapi ukurannya cukup besar untuk menjadi saluran air yang menyerap serbuan ombak. Ketika satelit sedang mengambil fotonya, ada ombak sedang mengalir di dalam huruf M.

7. Pemandangan gajah liar 

Gajah liar (Sumber Live Science)

Ada pikiran tidak akan pernah melihat gerombolan gajah Afrika di alam liar? Nah, satelit-satelit mengambil gambar resolusi tinggi sekelompok gajah sedang berkeliaran di Chad pada koordinat 10,903497 LU, 19,93229 BT.

3 dari 4 halaman

Struktur Misterius hingga Logo KFC

8. Struktur Misterius di Gurun Gobi

Temuan baru di Google Earth mengungkapkan struktur dan pola misterius terukir di permulaan gurun Gobi di Tiongkok. Menurut para pakar, tempat ini adalah pangkalan militer rahasia, dan bangunan-bangunan yang ada dipakai untuk aneka keperluan misalnya uji senjata, kalibrasi satelit mata-mata, dan pengujian instrumen radar.

Gurun Gobi (Sumber Live Science)

Bentuk yang paling rumit adalah kisi-kisi garis sempurna yang belok setiap 33 kilometer, dan kemungkinan besar merupakan susunan antenna Yagi untuk pelacakan cuaca dan keperluan penelitian atmosfer lain.

9. Logo KFC

Mengingat banyaknya orang yang mengintip menggunakan Google Earth, tidak heran kalau sejumlah iklan bermunculan di daerah terpencil. Yang hanya bisa dipandang dari angkasa--suatu konsep yang dikenal dengan ‘mapvertising’.

Logo KFC (Sumber Live Science)

Sebagai contoh, logo Coca Cola terbesar ada di sisi gunung di Chile dan disebut-sebut terbuat dari 70.000 botol kosong minuman itu. Lalu, gambar Colonel Sander (logo KFC) seluas lebih dari 8.129 meter persegi di pinggir jalan layang Extraterrestrial Highway di negara bagian Nevada, pada koordinat 37,646163° LU, 115,750819° BB.

4 dari 4 halaman

UFO dan Pentagram Ajaib

10. Bangkai kapal

Bangkai kapal (Sumber Live Science)

Kapal S.S. Jassim, sebuah kapal kargo Bolivia kandas dan tenggelam di Wingate Reef di lepas pantai Sudan pada 2003. Kapal sepanjang 81 meter itu sekarang menjadi salah satu bangkai kapal terbesar yang terlihat di Google Earth, pada lokasi 19° 38' 46,00" LU, 37° 17' 42,00" BT.

11. Bibir

'Bibir' raksasa (Sumber Live Science)

Bibir menggairahkan ini adalah bentukan bukit di Gharb, Darfur, di Sudan pada koordinat 12°22'13,32" LU, 23°19'20,18" BT.

12. UFO Australia?

Pada koordinat 30°30'38.44" LS, 115°22'56.03" BT di Australia, ada penampakan titik-titik membentuk segitiga berlampu terang di tengah ladang. Ketika pertama ditemukan pada 2007, para penggila UFO dengan segera menyebutnya sebagai ‘UFO segitiga’ yang dipergoki sedang melayang-layang di atas bumi.

UFO Australia (Sumber Live Science)

Sejumlah pengguna Google Earth mengatakan bahwa itu bisa saja sebuah antena yang berkaitan dengan pembangkit listrik tenaga angin berkendali jauh yang ada di dekatnya. Menara antenanya ada di tengah dengan 3 tiang pancang penguat membentuk segitiga di sekitarnya.

13. Pentagram ajaib

Pentagram (Sumber Live Science)

Di tengah stepa berangin di Asia Tengah, di kawasan terpencil di Kazakhstan, ada sebuah pentagram besar bergaris tengah 366 meter yang diukirkan ke permukaan Bumi. Segilima ini dikelilingi oleh suatu lingkaran dan berada di pantai selatan bendungan Upper Tobol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini