Sukses

Tradisi Aneh 'Bungkus Tubuh' Pelepas Stres

Sebagai upaya melepas tekanan stres dan mencari jati diri, warga Jepang ramai-ramai berkostum ketat seperti ini.

Liputan6.com, Tokyo - Dalam upaya melepas stres dan membebaskan diri dari tekanan sehari-hari, sekumpulan pekerja dan pelajar Jepang melakukan hal tak biasa cenderung aneh. Mereka dikenal dengan sebutan 'Zentai'.

Orang-orang dari beragam usia itu mengikuti tren membungkus diri, dengan kostum penutup seluruh tubuh yang terbuat dari bahan lycra. Mereka lalu berkumpul, bertemu melalui forum internet, pesta barbeque, dan kadang-kadang hanya jalan-jalan bareng.

Walau terkesan ironis, pakaian ketat ini dianggap mampu melegakan orang yang merasa stres, karena merupakan wujud pemberontakan.

Banyak anggota Zentai melihat tren ini sebagai cara 'melarikan diri' dari tekanan negara dalam bermasyarakat, yang menganggap tradisi lebih penting dari keinginan hati.

Para anggota komunitas Zentai seringkali saling bertemu. (foto: Facebook/Zentai Gallery)

"Keluargaku masih kolot," ungkap Yukino, seorang mahasiswi anggota Zentai pada Oddity Central yang dikutip Selasa (19/1/2016).

"Mereka mengharapkan aku jadi wanita yang kalem dan feminin. Namun secara diam-diam, aku mengenakan kostum dan berperilaku sesukanya. Aku orang yang berbeda ketika mengenakannya. Aku bisa bergaul dengan semua orang dan melakukan segalanya," imbuhnya.

Pakaian melar ini menyembunyikan wajah pemakainya. Inilah yang menjadi faktor yang menarik banyak orang untuk mengikuti tren Zentai.

"Orang-orang tak bisa melihat kita, dan kita sulit melihat orang lain," jelas pemimpin Zentai, Seiwa Tamura. "Baik pemakainya seorang guru atau PNS, identitas kita tak dikenali. Namun kita bisa menjadi diri sendiri."

Anggota Zentai datang dari segala kalangan, usia, dan profesi. (foto: Facebook/Zentai Gallery)

Miu Fujitsuka, pemimpin Zentai lainnya berkomentar, "ada frasa asal Jepang berbunyi 'sisi elegan dari diam'. Itu berarti 'semakin Anda bersembunyi, Anda jadi lebih menarik'.

Salah satu anggota Zentai merupakan wanita pekerja kantoran di usia 20-an. Mengenakan riasan wajah dan gaya rambut biasa-biasa saja, ia juga mudah berbaur di kehidupan sehari-harinya.

Pada malam hari, ia mengenakan pakaian seluruh tubuh dari lycra ini dan duduk di bar. Sendirian, namun ia merasa bebas.

"Aku menjalani hidup dengan perasaan selalu khawatir terhadap pendapat orang mengenai diriku. Mereka bilang aku terlihat manis, lembut, kekanak-kanakkan, dan naif. Aku merasa terkungkung dengan itu. Namun mengenakan ini, aku hanyalah seseorang dengan kostum," jelas perempuan itu.

Saat ini ada sekitar 3.000 Zentai di Tokyo, dan jumlah itu terus bertambah. Bahkan, Zentai mulai menyebar di negara lain, di mana anggota berubah dari orang pada umumnya menjadi sumber hiburan untuk orang lainnya.

Dengan menyembunyikan wajah, anggota Zentai berharap bisa dilihat sebagai diri mereka sesungguhnya. (foto: Facebook/Zentai Gallery)

Ikuo Daibo, seorang dosen di Tokyo Mirai University berpikir tren ini merupakan pelampiasan dari seorang yang merasa tak ada jati diri.

"Di Jepang, ketika seseorang merasa tak punya arah, mereka tak bisa menemukan peran di masyarakat," ucap Daibo. "Mereka punya panutan terlalu banyak, dan tak yakin mana yang harus diikuti."

Daibo meyakini bahwa Zentai memberi orang-orang kesempatan untuk menyembunyikan penampilan luar, sehingga membuat orang menilai apa adanya tak berdasarkan penampilan.

"Dengan caranya sendiri, mereka mengembangkan diri dengan menyembunyikan identitas. Menurut saya, itu cara menarik untuk berkomunikasi," begitu kesimpulan Daibo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini