Sukses

10 Tempat 'Cantik' untuk Berlibur Sambil Berpetualang di 2016

Berikut 10 destinasi baru di tahun 2016 yang bisa Anda kunjungi untuk berlibur sambil berpetualang.

Liputan6.com, Jakarta - Bali, Raja Ampat di Papua Barat, Lombok, keindahan Danau Toba di Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur adalah beberapa di antara ribuan pulau di Indonesia yang sudah dikenal karena alamnya yang indah.

Tidak hanya menjadi destinasi yang paling banyak dipilih para wisatawan lokal dan luar negeri saat libur tiba, di antaranya bahkan pernah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu pulau terbaik oleh majalah travel asal Amerika Serikat, Travel+Leisure di akhir 2015, yaitu Bali. 

Negara tetangga Indonesia di Asia seperti Singapura, Thailand, Malaysia, Jepang, Korea juga tak sedikit menarik perhatian para turis lokal maupun mancanegera -- dengan wisata alam dan belanjanya.

Namun tak ada salahnya jika di tahun yang baru ini, bagi Anda yang memiliki hobbi travelling atau jalan-jalan, untuk mengunjungi 10 lokasi cantik di bawah ini seperti dilansir dari News.com.au, Senin (17/1/2016):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1-3

1.  Sri Lanka

Sri Lanka adalah sebuah pulau di sebelah utara Samudera Hindia di pesisir tenggara India dan berbatasan langsung dengan laut India sebelah barat dan Maladewa.

Karena lokasi geografisnya yang sangat strategis, memungkinkan Sri Lanka atau negara yang dulunya di kenal dengan sebutan Ceylon ini menjadi tempat pemberhentian Jalur Sutra hingga Perang Dunia II. 

Jalur yang mempertemukan para pedagang dari dataran China, India, Roma membuat Sri Lanka dihuni oleh beragam suku, agama, dan kaya akan warisan budaya. 

Beberapa situs Warisan Dunia UNESCO juga bisa ditemukan di negara beribukota Kolombia ini. Polonnaruwa adalah Situs Warisan Dunia UNESCO terletak di bagian utara negara Sri Langka. Selama 300 tahun kota ini terus menjadi ibukota kerajaan, dengan dinding yang menjulang tinggi melingkari kota untuk melindungi warganya dari para penjajah.

Selanjutnya ada kota suci Anuradhapura, Kuil Emas Dambulla, Kota Kuno Sigiriya, Kota Suci Kandy, Kota Tua Galle dan Hutan Sinharaja. 

Berbicara mengenai Kota Kuno Sigiriya, konon katanya menjadi destinasi wisata paling populer dan paling banyak dikunjungi di Sri Lanka. Wilayah yang lebih dikenal dengan Lion Mountain atau Gunung Singa ini berdiri di atas batu karang, terletak di Distrik Matale, Sri Lanka dengan ketinggian sekitar 180 meter oleh Raja Kassapa I (477-495). 

 2. Kolombia

Selain dijuluki sebagai kota wisata, kota beribukota Bogota ini juga dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia setelah Brasil. 

Kota tersebut juga dikenal melalui aktifitas perfilmannya. Tidak sedikit serial drama Amerika Latin atau telenovela yang pernah menyapa pemirsa di Indonesia. 

Karena lokasi geografisnya yang sangat strategis, memungkinkan Sri Lanka atau negara yang dulunya di kenal dengan sebutan Ceylon ini menjadi tempat pemberhentian Jalur Sutra hingga Perang Dunia II.

Salah satu tempat favorit yang wajib di kunjungi saat Anda berkunjung di Kolombia adalah Cartagena yang terletak di pesisir utara Kolombia. Kota ini juga dijuluki sebagai kota romantis seperti halnya Paris.

Dilansir dari berbagai sumber, kota yang pernah di jajah Jenderal Don Pedro de Heredia dari Spanyol menjadi kunci perkembangan kota ini.

Benteng, pelabuhan dan sejumlah monumen di Cartagena yang terletak di semenanjung Laut Karibia oleh UNESCO (United Nation Education Scientific and Cultural Organization) pada tahun 1984 terpilih sebagai bangunan paling bersejarah di Amerika Selatan. 

3. Hokkaido, Jepang

Pulau yang terletak di bagian paling utara Jepang ini bernama Hokkaido. Kerap dijuluki yukiguni alias negara salju yang punya segudang daya tarik. 

Saat musim dingin, Hokkaido adalah salah satu tempat terbaik untuk bermain ski. Salju yang turun dengan ketebalan hingga mencapai 17 meter setiap tahunnya, membuat resort-resort terbaik bermain ski di negeri sakura ini ramai dikunjungi.

Tempat bermain ski yang ramai ada di daerah Nagano yang pernah menjadi tuan rumah olimpiade musim dingin 1998. Pilihan lain adalah ke ski resort di Niigata.

Pulau yang terletak di bagian paling utara Jepang ini bernama Hokkaido. Hokkaido yang kerap dijuluki yukiguni alias negara salju ini punya segudang daya tarik.

Seperti dilansir dari japanhoppers, Hokkaido juga terkenal akan kelezatannya kulinernya. Beberapa di antaranya bahkan bisa kita temui di Indonesia, tapi ada juga yang telah diracik dengan cita rasa nusantara. Yaitu Ramen. 

Untuk mengunjungi tempat makan ramen yang enak, Anda bisa mengunjungi daerah Susukini dengan bis dari stasiun JR Sapporo. Di sana anda bisa menemui 17 toko yang menawarkan kelezatan ramen miso.

3 dari 5 halaman

4-6

4. Arosa, Swiss

Apa yang akan timbul di pikiran Anda pertama kali ketika mendengar Swiss? Tentu pegunungan Alpen yang dipenuhi salju dan juga pemandangan indah. 

Selain berwisata di suhu yang dingin, pengunjung bisa mendatangi daerah bersuhu hangat dengan udara yang bersih seperti Arosa.

Selain berwisata di suhu yang dingin, pengunjung bisa mendatangi daerah bersuhu hangat dengan udara yang bersih seperti Arosa.

Arosa adalah daerah yang terletak di Schanfigg, Distrik Plessur. Kawasan ini selalu dikunjungi para wisatawan setiap tahunnya.

Dengan luas lahan sekitar 42,6 kilometer persegi, 39 persennya para pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang dimilki Arosa dari hotel-hotel megah yang letaknya tak jauh dari lokasi wisata. 

5. Greenland

Greenland adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Meski sebagian besar wilayahnya atau 80 persen tertutup es hingga ketebalannya bisa mencapai 3 kilometer banyak hal yang indah dapat dilihat.

 Tepatnya di bawah reruntuhan biara Benedictine, oleh seorang arkeolog ditemukan alat navigasi yang biasa mereka gunakan saat mengarungi lautan lepas.

Seperti dilansir dari nationalgeographic, yang menarik salah satunya adalah jejak bangsa Viking. Tepatnya di bawah reruntuhan biara Benedictine, seorang arkeolog menemukan alat navigasi yang biasa mereka gunakan saat mengarungi lautan lepas.

Greenland juga menawarkan tempat wisata dan belanja menarik di Museum Seni Nuuk dan Old Harbor.

6. Cleveland, Ohio

Cleveland adalah ibu kota dari Cuyahoga, distrik dengan jumlah penduduk yang terbanyak di negara bagian Ohio, Amerika Serikat.

Sebagai salah satu kota bersejarah di dunia, wisata dengan menyusuri sungai dengan perahu disertai makan malam melalui Danau Erie menjadi pilihan hiburan yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan.

Dengan tur perahu ini, para tamu yang datang juga disuguhkan dengan keindahan kota Cleveland di waktu malam.

4 dari 5 halaman

7-8

7. Suzhou, China

Terkenal dengan julukan 'Venesia dari China', kanal Suzhou terletak di sebelah China Timur dan terhubung langsung dengan Sungai Yangtze. 

Kanal Suzhou dikenal dengan jembatan batu bersejarah yang usianya telah mencapai 2.500 tahun dengan arsitektur bangunan yang indah disepanjang kiri kanan kanal.

Kanal Suzhou dikenal dengan jembatan batu bersejarah yang usianya telah mencapai 2.500 tahun, dengan arsitektur bangunan yang indah di sepanjang kiri-kanan kanal. Selain itu, Suzho juga tekenal dengan kecantikan tamannya.

9 di antaranya bahkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Suzho juga terkenal dengan 400 objek wisatanya. Mulai dari pagoda, kuil-kuil yang menjadi saksi sejarah perkembangan di China.

8. Republik Georgia

Georgia adalah salah satu pecahan dari Republik Uni Soviet. Di kota ini bisa ditemui 4 Situs Warisan Dunia UNESCO.

Salah satunya Kota Tbilisi. Di kota ini bangunan berarsitektur modern dan tradisional berdiri berdampingan. Setelah itu dengan bus menuju ibukota kuno dan pusat keagamaan di Georgia yaitu Mtskheta.

Di tempat ini Anda diajak untuk melihat tempat bersejarah Jvari Church. 

5 dari 5 halaman

9-10

9. Montenegro

Negeri yang berbatasan dengan Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Serbia ini memiliki pesona sejarah dari negara Eropa.

Negara yang juga berbatasan langsung dengan Serbia, Kosovo dan Albania ini juga memiliki pemandangan indah dari pegunungan, lembah, dan danaunya.

Negara yang juga berbatasan langsung dengan Serbia, Kosovo dan Albania ini juga memiliki pemandangan indah dari pegunungan, lembah, dan danaunya. 

10. Nicaragua

Terletak di antara Samudra Pasifik dan Laut Karibia, negara ini berbatasan langusng dengan Honduras utara dan Kosta Rika di selatan. 

Bagi penggemar kegiatan luar ruangan seperti hiking, tempat ini menawarkan keindahan pantainya dengan gunung-gunung beraktif yang dapat menguji adrenalin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.