Sukses

Top 3: Berita Hoax Jadi Buruan Pembaca

Ulasan empat berita hoax yang pernah menghebohkan internet menjadi paling banyak dibaca di Liputan6.com kanal Global.

Liputan6.com, Jakarta Dengan kecanggihan teknologi saat ini, sebuah berita dengan mudah menyebar dan cepat diterima masyarakat. Namun kemudahan akses ini kerap disalahgunakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita hoax atau palsu demi kepentingan pribadi atau tujuan tertentu.

Hingga kini, mungkin sudah ada ribuan berita hoax yang disebarkan melalui sosial media. Satu di antaranya bahkan sempat membuat heboh warga Jakarta, yaitu penampakan awan dengan visual seorang tengah berdoa yang katanya diambil di pemakaman Ustaz Jefri Al Bochiri atau lebih akrab disapa Uje. Namun ternyata itu adalah olahan digital semata.

Ulasan mengenai empat berita hoax menjadi berita yang paling banyak dicari oleh pembaca Liputan6.com kanal Global edisi Minggu (17/1/2016). Dua berita lainnya yang dicari adalah ledakan bintang super dahsyat dan kebohongan konyol orangtua pada anak-anaknya.

1. 4 Berita Hoax yang Bikin Gempar Dunia

Dalam akun facebook Stephen Roseman nampak foto anjing berbulu coklat tanpa wajah dan yang tertinggal hanya kulit yang memerah.(.huffingtonpost.com)

Dalam akun facebook Stephen Roseman nampak foto anjing berbulu coklat tanpa wajah dan yang tertinggal hanya kulit yang memerah.

Dalam statusnya, Stephen menulis bila anjingnya terluka parah akibat kebakaran saat tengah membantu tuannya keluar dari rumah yang terbakar. Statusnya pun langsung mendapat 'like' 55.763 orang dan di-share 110.893 kali di Facebook. Tak sedikit pula orang yang mengirimkan doa untuk kesembuhan anjingnya.

Selengkapnya...

2. Kala Ledakan Bintang Super Dahsyat Terdeteksi

Para astronom berhasil mendeteksi supernova paling dahsyat yang pernah diamati. (Des/B.Shappee and The ASAS-SN Team)

Para astronom berhasil mendeteksi supernova paling dahsyat yang pernah diamati. Bintang yang meledak tersebut pertama kali diamati Juni tahun lalu saat masih memancarkan energi dalam jumlah besar.

Pada puncaknya, ledakan bintang ini kekuatannya 200 kali lebih dahsyat dibandingkan supernova -- ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih -- lainnya, yang membuatnya bersinar 570 miliar kali lebih cerah dibandingkan matahari.

Para peneliti menduga kalau sebuah magnetar -- suatu obyek sisa yang sangat padat dan sangat bermagnet -- berperan dalam mendorong ledakan serta aktivitas yang sedang berlangsung ini.

Selengkapnya...

3. Kebohongan Konyol Orangtua pada Anak-anak

Dalam menertibkan anak-anaknya. Orangtua sering mengacang cerita tak masuk akal untuk menakut-nakuti. Ini di antaranya!

Kadang-kadang, ketika orangtua kehabisan akal untuk mendisiplinkan anak-anaknya, kejujuran tak jadi prioritas.

Pun begitu, kebohongan itu bermaksud baik. Seperti orangtua yang membohongi bahwa anak mereka 'alergi gula', supaya mereka tidak makan permen terlalu banyak. Namun, banyak kebohongan yang anak-anak itu sadari saat mereka tumbuh dewasa, karena sungguh tidak masuk di akal.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini