Sukses

Tayangan Jadul Gerhana Matahari Total 1983

Dengan gaya khas, si pembaca berita berkebaya oranye dan bersanggul memberitahukan bahwa gerhana matahari total akan disiarkan langsung.

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa gerhana matahari total bukan kali pertama terjadi, namun yang paling menghebohkan tercatat pada 11 Juni 1983. Saat itu jalur totalitasnya melintasi Jawa.

Kehebohan terjadi karena pada masa itu banyak beredar kabar bohong. "Atau semacam pembodohan massal, dengan mengatakan, 'awas, hati-hati gerhana bisa membutakan mata'," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin dalam wawancara khusus dengan Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Bahkan, dia menambahkan, ada yang bertindak ekstrem sampai-sampai seluruh jendela ditutup. "Seakan matahari memancarkan radiasi berbahaya," imbuhnya.

Fenomena heboh gerhana matahari total 1983 bahkan disiarkan langsung di TVRI -- stasiun televisi satu-satunya di Indonesia kala itu. Tayangan ala jadul tersebut pun menjadi saksi terkait 'kecelakaan' alam langka.

"... Gerhana Matahari 11 Juni tahun 1983, akan disiarkan secara langsung oleh Televisi Republik Indonesia. Untuk itu Televisi Republik Indonesia akan memulai siarannya pada pukul 09.00 dan akan berlangsung hingga pukul 13.00 Waktu Indonesia Barat (WIB)...," ucap si pembaca berita berkebaya oranye dan bersanggul dengan gaya khas, dalam video yang dikutip dari sebuah situs berbagi video, Kamis (14/1/2016).

Tayangan berdurasi 14.44 menit tersebut berlanjut dengan wawancara bersama salah satu narasumber terkait fenomena gerhana matahari. Menjelaskan tentang bagaimana peristiwa langka itu terjadi.

Lalu disambung dengan tayangan langsung terjadinya gerhana matahari total yang diberi tajuk "Live broadcast from Jakarta Indonesia. Coverage On Total Solar Eclipse 1983".

Rekaman bernuansa khas ala jadul itu diawali dengan tayangan langsung dari Candi Borobudur, Jawa Tengah menyorot detik-detik terjadinya gerhana matahari total, dan perubahan perilaku hewan dalam kondisi gelap seperti senja. Lalu disusul dengan adegan dari Tanjung Kodok, Jawa Timur berisi pemandangan orang-orang tengah menyaksikan fenomena alam nan indah tersebut dengan teleskop.

Berikut tayangan jadul terkait gerhana matahari 1983 selengkapnya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.