Sukses

Iblis Sampai Malaikat, Ini 5 'Penampakan' Aneh di Foto USG

Kerap kali terlihat ada 'sosok' aneh di foto hasil USG, dari bentuk menyerupai malaikat, hingga iblis.

Liputan6.com, Jakarta Pemeriksaan USG (ultrasonografi) kehamilan berguna untuk memeriksa perkembangan janin, melihat jenis kelamin bayi, dan memeriksa kalau-kalau ada kelainan dalam kandungan.

Foto USG, yang juga disebut sonogram atau ultrasound, seringkali disebut sebagai 'foto pertama bayi', dan dibagikan ke sanak saudara dan teman-teman -- sesuatu yang bisa menimbulkan harapan bagi mereka. Walau, wujud dalam foto tidak serupa dengan wujud nyata bayi manusia yang lucu dan menggemaskan.

Dalam beberapa kasus, hasil USG justru membuat tercengang, sampai ngeri. Selama beberapa tahun terakhir, internet kerap kali dihebohkan adanya pemandangan aneh dari foto USG. Misalnya,  pemandangan serupa malaikat, hingga iblis.

Dikumpulkan tim Liputan6.com, inilah berbagai 'penampakan aneh' yang terlihat dari foto USG.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Malaikat

Kelly Lewis, ibu berusia 26 tahun mendapati ada wujud serupa malaikat 'menjaga' janin-nya.

Dalam pemeriksaan USG, dia mendapati ada malaikat kecil yang menjaga janinnya.

Dilaporkan The Sun, setelah menerima hasil USG, seorang teman Kelly menunjuk bahwa di hasil foto yang diambil tahun 2012, ada wujud serupa malaikat.

"Pemindaian itu diambil tahun 2012, teman saya menyadari keberadaan 'malaikat' itu. Dia mengatakan, ada sosok seperti malaikat yang bersandar pada bayi saya. Gambarannya sangat jelas sehingga semua orang pun percaya," ungkap Kelly.

Kelly percaya akan malaikat yang memberkati putrinya. Bahkan, ketika lahir, ia menamakan putrinya Harper, diambil dari kata 'harp'--harpa.

"Dinamai Harper karena berarti seseorang yang memainkan Harpa--instrumen indah yang sering dibawa malaikat di surga," ujar Kelly.

3 dari 7 halaman

Dinosaurus

Hasil USG janin Leanne Sullivan menunjukkan gambar yang mirip hewan purba, dinosaurus.

Apa mungkin manusia dan dinosaurus bisa berkembang biak?<br />

Di foto janin, terlihat sosok serupa Brontosaurus di atas kepala calon bayinya. Leanne juga baru menyadarinya ketika seorang teman menunjuknya.

"Saya tidak menyadari sampai Jenny (nama temannya) menunjukkannya secara langsung," ungkap Sullivan dikutip Metro.co.uk. "Namun, jika Anda benar-benar perhatikan, bentuknya sungguh menyerupai dinosaurus."

Sedangkan, ayah dari bayi, James Fletcher mencoba memberi penjelasan masuk akal. Adanya sosok dinosaurus merupakan hasil tipuan cahaya yang terjadi saat proses USG.

4 dari 7 halaman

Jempol

Jabang bayi pasangan Cheryl Stevenson dan Paul Schofield diduga mencoba berkomunikasi dengan orangtuanya.

Lucunya janin pamer jempol saat USG (Foto: akun Reddit milik MeanCloth))

Saat kandungan Cheryl berusia 20 minggu, operator USG mengalami sedikit kesulitan mendapat gambaran jelas. Namun, tangan kecil si bayi tiba-tiba terlihat, dan ia seperti mengacungkan jempol, dilaporkan Daily Mail.

Penampakan tanda jempol menjadi seperti pertanda bahwa ia baik-baik saja di dalam rahim, sehingga membuat takjub orang-orang yang melihatnya.

Foto USG bayi itu menjadi viral di dunia maya, banyak netizen yang membagi-bagi foto, dan di media sosial, mendapat ribuan 'like'.

5 dari 7 halaman

Wajah nenek

Seorang ibu dari Inggris menyesal tak memberitahu kehamilannya pada sang ibu, yang meninggal di awal tahun dan tak sempat mendengar kabar kehamilan putrinya.

Wanita hamil melihat sosok penampakan wajah mendiang ibu di foto USG janin bayinya.

Namun, wanita bernama Rebecca Melia itu mendapat 'kejutan' saat melakukan pemeriksaan USG.

Dilaporkan The Blaze, Rebecca melihat wajah ibunya di foto USG janin bayi laki-laki yang dikandungnya. Di sebelah betis kiri bayi, terlihat wajah sang ibu.

"Sebelum melakukan USG, aku bicara pada foto ibu, saya katakan agar ibu datang bertemu denganku. Aku ingin perkenalkan cucu barunya, anakku ini cucunya ke-14," tutur Rebecca.

Selama menjalani pemeriksaan, Rebecca merasa teknisi sangat lama memeriksanya, dan mengira ada yang salah dengan janin anaknya. Lalu si perawat memberinya hasil pindaian dan berkomentar bahwa di dekat janin anaknya ada wajah tersenyum.

"Saya tak percaya. Saya terkejut dan senang. Wajah Ibuku, yang ingin kulihat terlihat benar-benar jelas," ungkap Rebecca terharu.

6 dari 7 halaman

Iblis

Sebuah foto USG mengerikan beredar di dunia maya. Hanya selang dua hari, foto yang dibagi di Imgur tersebut sudah dilihat lebih dari sejuta kali, dan menjadi bahan perbincangan Netizen.

Penampakan iblis dalam foto USG ini mungkin dampak dari efek pareidolia (Imgur)

Pasalnya, di foto janin terlihat penampakan wajah mengerikan yang terkesan sedang menatap ke arah si janin.

"Foto USG milik seorang teman. Saat Anda melihatnya..." tulis kutipan di foto unggahan, dikutip Daily Mail.

Figur yang terlihat di sisi kanan foto terlihat seakan memiliki wajah menyeramkan, dengan mata lebar, hidung besar, dan mulut menyeringai. Si 'sosok' juga memiliki tanduk yang mencuat.

Salah satu pengguna Imgur, JosePhINCH bahkan berkomentar, "ada iblis di sebelah janin itu."

7 dari 7 halaman

Penjelasan

Betulkah bahwa penampakan di janin merupakan fenomena 'dunia luar'?

Kepercayaan beberapa orang beranggapan demikian. Namun, ini juga bisa dikarenakan dari efek pareidolia, -- fenomena psikologis yang cenderung mengenali bentuk akrab dalam gambar acak atau samar.

Ketika manusia--termasuk kita menatap Bulan yang bersinar, kita seakan-akan melihat ada sosok di bulan. Seperti sosok nenek atau kelinci.

Masyarakat Tiongkok beranggapan si 'kelinci' sedang menumbuk ramuan keabadian untuk Dewi Bulan, sedangkan masyarakat Jepang beranggapan si 'kelinci' sedang membuat mochi.

Fenomena pareidolia lainnya terjadi di kisah penemuan ukiran 'alien' di Mars. Ketika itu, internet dihebohkan dengan foto yang menyerupai 'tulisan' di bebatuan permukaan planet Mars. Hal itu segera dibantah kaum skeptis.

Salah satu netizen mengunggah video ke UFOSightings daily setelah melihat gambar itu dan berkomentar: "Jika Anda membesarkan gambar asli, Anda akan melihat kotak-kotak yang menyerupai hieroglif (tulisan Mesir kuno). Namun sesungguhnya hanyalah kotak-kotak pixel pecah."

"Kelihatannya, kotak-kotak itu sengaja dibuat, garis luarnya di gambar, untuk membuatnya kelihatan seperti tulisan hieroglif. Saya membaca artikel mengenai foto-foto ini. Saat diambil dari versi asli dan diformat dalam jpeg (format penyimpanan gambar), terlihat seperti demikian."

Dalam kata lain, 'tulisan' sengaja diperjelas untuk menciptakan perspektif yang spesifik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini