Sukses

Ini Perangkat di Google untuk 'Singkirkan' Donald Trump

Seorang ahli komputer yang sebal dengan Donald Trump ciptakan aplikasi Google Chrome untuk menghindari segala sesuatu tentangnya.

Liputan6.com, New York - Dengan semakin memanasnya persaingan para bakal calon presiden AS, baik dari Partai Demokrat maupun Partai Republik, sejumlah tokoh kerap muncul di media. Salah satu yang sering muncul adalah Donald Trump.

Sejumlah kalangan yang tidak sepaham dengannya tentu bosan melihat raja properti itu seakan ‘maha hadir’. Karena itu, seperti dikutip dari Time pada Sabtu (03/01/2016), diciptakanlah perangkat program komputer tambahan (extension) untuk ‘menghapus’ Donald Trump dari pencarian dunia maya menggunakan perangkat pencari Google.

Dilaporkan CNNMoney, perangkat tambahan yang diberi nama Trump Filter ini tersedia baru untuk Google Chrome dan bisa diunduh dari laman Chrome. Filter ini memiliki pilihan 3 pilihan—lunak, agresif, dan geram.

Filter ini diciptakan oleh Rob Spectre, seorang warga Brooklyn di kota New York yang mengaku sebagai “Internet Mathemagician”. Ia mengaku menciptakan filter tersebut bukan untuk memojokkan suatu pihak politik atau orang tertentu, tapi “karena perasaan terganggu dan panggilan patriotik”.

Sebuah pogram komputer tambahan Google Chrome diciptakan untuk 'singkirkan' Donald Trump dari pencarian internet. (Sumber Trump Filter)

Tujuan di belakang penciptaannya disebut-sebut sebagai upaya mengalihkan semua perhatian dari Trump kepada para bakal calon presiden lain, dan juga kepada masalah-masalah yang dihadapi AS dalam pemilu tahun depan.

Kepada CNNMoney, ia mengatakan, “Aku harap orang belajar lebih lagi tentang luasnya pilihan bakal calon lain di luar sana. Orang sedang mencari cara menyingkirkan dia.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini