Sukses

Dallas Dikepung Badai Tornado, 8 Orang Tewas

Musibah di Dallas meningkatkan jumlah korban tewas akibat cuaca ekstrem di AS bagian selatan pekan ini yang mencapai 26 orang.

Liputan6.com, Dallas - 8 Orang dikabarkan tewas di wilayah Dallas, Amerika Serikat, saat badai tornado menerjang yang diikuti oleh banjir, Sabtu 26 Desember 2015 waktu setempat. Musibah di Dallas ini telah meningkatkan jumlah korban tewas akibat cuaca ekstrem di Amerika Serikat bagian selatan pekan ini yang mencapai 26 orang.

Pihak berwenang di Garland menegaskan, 5 orang tewas setelah tornado melanda kota yang berjarak sekitar 15 mil (24 km) timur laut dari pusat Kota Dallas.

"Rumah, apartemen dan kendaraan juga rusak, tapi tidak jelas berapa banyak orang yang terluka," ujar Letnan Chris Havey, juru bicara Kantor Sheriff Collin County, seperti dikutip Reuters, Minggu (27/12/2015).

5 Kematian itu diyakini berhubungan dengan hancurnya sejumlah kendaraan setelah dilanda tornado di dekat State Highway 190 dan Interstate 30.

"Sedangkan 2 orang lainnya ditemukan tewas di sebuah pompa bensin di Kota Copeville, 20 mil (32 km) di timur laut," kata Chris Havey. Satu lainnya adalah bayi yang meninggal di Blue Ridge.

Dallas Dikepung Tornado

Sementara itu, Dinas Cuaca Nasional mengonfirmasi bahwa tornado yang menghantam beberapa kota di Dallas pada Sabtu malam tergolong besar. Sekitar 8 tornado diprediksi telah menerjang 7 distrik di Dallas, meski kabar ini belum bisa dikonfirmasi.

Yang jelas, setidaknya 1 tornado dipastikan melanda wilayah selatan dari Dallas di Ellis County. "Tornado telah menghancurkan dan merusak rumah-rumah kami," ujar Koordinator Penanggulangan Bencana Stephanie Parker.

Para pejabat Dinas Cuaca juga menegaskan tornado memukul kota-kota Ovilla, Farmersville dan Rowlett. Tampilan foto-foto yang diunggah ke media sosial menunjukkan tornado besar menerjang Rowlett, di mana terlihat rumah-rumah dan kendaraan hancur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini