Sukses

Ahmadinejad Dilantik Hari Ini

Presiden terpilih Mahmoud Ahmadinejad akan dilantik sebagai kepala negara Iran hari ini, meski kisruh politik masih terus terjadi negara itu.

Liputan6.com, Teheran: Presiden terpilih Mahmoud Ahmadinejad akan dilantik sebagai kepala negara Iran, hari ini (5/8). Di tengah kisruh politik di negara tersebut, Ahmadinejad akan diambil sumpahnya di depan parlemen. Ia memiliki waktu dua pekan untuk menyusun kabinet agar bisa disetujui oleh DPR yang didominasi kelompok konservatif.

Pihak oposisi menyatakan akan berkumpul di depan gedung parlemen untuk memprotes upacara pelantikan itu. Seperti dilansir ANTARA, tokoh-tokoh moderat menganggap pemilu Iran kali ini telah dirancang untuk dimenangkan kembali oleh Ahmadinejad. Protes tentang hasil pemilu juga menyulut kekerasan terburuk sejak Revolusi Islam 1979.

Mousavi dan sejawatnya yang juga kalah Mehdi Karoubi, menolak pemerintahan baru dan  menyebutnya tidak sah sekaligus mengabaikan pengesahan oleh pemimpin Spiritual Ayatollah Ali Khamenei.

Sebelumnya Ahmadinejad juga mendapat tekanan dari sekutu-sekutu garis kerasnya mengenai pemilihan Esfandiar Rahim-Mashaie sebagai wakil presiden. Dia mengacuhkan tekanan itu selama sepekan sebelum akhirnya mematuhi perintah Khamenei untuk menanggalkan Mashaie. Perselesuhan dalam pemilihan Mashaie ini tampaknya akan berkomplikasi pada penyusunan kabinet baru yang akan diajukan ke parlemen. Susunan kabinet kemungkinan akan ditolak jika Ahmadinejad kembali mengajukan orang-orang lingkaran dalamnya.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Barack Obama serta para pemimpin Prancis, Inggris, Italia dan Jerman, telah menyatakan tidak akan menyelamati Ahmadinejad. Namun saat ditanya apakah Obama mengakui Ahmadinejad sebagai Presiden Iran, Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs berkata, "Dia pemimpin terpilih (pemenang pemilu)." (DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.