Sukses

Salah Semprot, 30 Penerbangan Terlambat Terbang

Karena menyemprotkan busa putih pemadam api ke pesawat yang salah, 30 pesawat lainnya di landasan terpaksa ditunda terbang.

Liputan6.com, Fuzhou - Seorang kru pesawat melaporkan adanya percikan api dari mesin, dan dalam hitungan menit, delapan truk pemadam kebakaran merespon.

Sayangnya, mereka menyemprot busa putih ke pesawat yang salah. Dampaknya, 30 penerbangan lainnya juga harus ikut tertunda penerbangannya.

Kesalahan yang terjadi di bandara kota Fuzhou, China segera diperbaiki, dan para petugas pemadam kebakaran langsung menangani pesawat yang benar. Namun, burung besi lainnya yang menjadi 'korban' semprotan busa ditunda penerbangannya 10 jam.

Insiden tersebut juga mengakibatkan bandara harus ditutup selama 90 menit, dan ada 30 penerbangan yang terpaksa ditunda, ungkap bandara dalam sebuah pernyataan, dikutip Daily Mail, Kamis (17/12/2015).

Penerbangan Air China melaporkan masalah pada bagian sisi mesin pesawat Boeing 737-800 dalam penerbangan menuju Beijing. Ketika petugas pemadam kebakaran tiba empat menit kemudian, mesin dimatikan.

Insiden ini mengakibatkan bandara harus ditutup dan 30 pesawat ditunda penerbangannya. (foto: Twitter/@XHNews)

Fuzhou Airlines yang sedang berada di landasan yang sama dengan maskapai Air China tengah mengeluarkan asap buangan dari arah ekornya. Mengira itu adalah pesawat yang rusak, petugas pemadam kebakaran pun menyemprotkan dengan busa.

Pusat kontrol bandara segera memperingati mereka atas kesalahan itu. Petugas menghentikan penyemprotan dan segera menuju pesawat yang benar. 

Namun,  pesawat Fuzhou Airlines yang sudah terlanjur ditutupi busa putih perlu memeriksakan mesin, yang memakan waktu hingga 10 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini