Sukses

4 Resep Kecantikan Mujarab dari Dapur Anda

Resep kecantikan yang efektif tak selamanya mahal. Bahkan, bahan-bahannya mungkin ada di dapur Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Semua wanita ingin menjadi cantik. Mereka bahkan rela membanderol dana ratusan, hingga jutaan demi perawatan kecantikan terperinci.

Sesungguhnya, kecantikan alami sering kali bermula dari rumah. Coba intip dapur Anda, ada banyak bahan-bahan yang bisa digunakan untuk merawat rambut, wajah, dan kulit.

Terkadang, produk kecantikan mahal justru tak seefektif bahan alami. Ditambah lagi, jika punya kulit sensitif, bahan alami merupakan pilihan terbaik.

Dikutip dari Al Arabiya, Selasa 15 Desember 2015, inilah 4 ramuan kecantikan mujarab yang sudah ada di dapur Anda!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gula solusi bibir kering

Scrub bibir efektif digunakan untuk mengangkat kulit mati dari bibir Anda, membuat bibir tak terlihat pecah-pecah.

Untuk membuatnya, campurkan satu sendok gula merah dengan madu, menghasilkan tekstur yang tebal dan lengket. Jika kulit Anda sensitif, campurkan juga satu sendok teh minyak zaitun. Ini akan membuat teksturnya lebih lembut saat kulit mengelupas.

Setelah jadi, ambil sejumput dari ramuan dan gosokkan ke bibir. Diamkan selama satu menit, lalu usapkan dengan kain basah. Untuk penyelesaian, aplikasikan pelembab bibir.

Untuk hasil efektif mencegah bibir kering terkelupas, gunakan seminggu sekali.

3 dari 5 halaman

Agar-agar tumpaskan komedo

Resep ini mungkin baunya sedikit tak sedap, namun bisa dengan efektif mengangkat komedo Anda, dibandingkan strip yang dibeli di toko dan sulit menjangkau lekukan yang tersembunyi.

Campur satu sendok makan gelatin (zat pembuat agar-agar) tanpa rasa dan satu sendok makan susu, jenis low-fat atau susu biasa. Campur hingga mendapatkan tekstur yang tebal.

Masak dalam microwave selama 10 detik hingga menjadi cair. Tunggu beberapa detik hingga mendingin, lalu oleskan di hidungan dengan kuas rias.

Biarkan kering selama 10-20 menit, atau lebih lama. Setelah terasa mengering dan kencang di kulit, kupas lapisannya.

Setelahnya, basuh hidung dengan air dingin, dan gunakan pelembab wajah.

4 dari 5 halaman

Oatmeal untuk wajah

Untuk kulit wajah yang cerah dan bebas jerawat, masker oat atau gandum sangat direkomendasikan.

Campurkan dua sampai tiga sendok makan oatmeal dengan setengah cangkir air hangat, biarkan selama tiga menit hingga teksturnya berubah tebal dan lengket.

Aplikasikan ramuan secara merata pada wajah, dan biarkan hingga mengering. Setelah terasa kencang dan mengering di kulit, kupas ramuan oatmeal dan basuh wajah dengan air dingin. Setelahnya, Anda bisa menggunakan toner dan pelembab.

5 dari 5 halaman

Gabungan minyak kelapa dan alpukat

Minyak kelapa dan alpukat, keduanya dipercaya kaya nutrisi. Gabungkan keduanya, dan Anda akan mendapatkan ramuan untuk rambut indah.

Campurkan alpukat, dan campurkan minyak kelapa hingga campuran menjadi kental. Pastikan alpukat hancur seluruhnya. Bagi rambut menjadi empat bagian, lalu oleskan ramuan ke seluruh bagian rambut dari ujung hingga kulit kepala. Alpukat memiliki fungsi mencegah kerontokan.

Anda bisa mengaplikasikan masker ini pada rambut basah maupun kering. Setelah seluruhnya dilapisi ramuan, ikat dan gunakan penutup rambut untuk menghasilkan kehangatan. Ini akan membuat bahan mudah meresap ke dalam rambut dan kulit kepala.

Biarkan masker selama dua atau tiga jam.

Setelahnya, bilas dan dapatkan hasil rambut yang lembut dan berkilau. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini