Sukses

Takut Terhadap Panel Surya, Kota Ini jadi Ejekan

Sebuah kota di AS menolak pembangunan pembangkit listrik tenaga surya karena diduga akan menyerap semua sinar matahari.

Liputan6.com, North Carolina - Warga sebuah kota di Amerika Serikat tengah menjadi ejekan di dunia Twitter. Ini terjadi setelah mereka mengungkapkan kecemasan mereka terhadap panel surya memberikan dampak buruk kepada kota mereka.

Dilansir News.com.au, Selasa (15/12/2015), orang-orang di kota Woodland, North Carolina telah menolak proposal pembuatan pembangkit listrik tenaga matahari karena mereka cemas panel itu akan menghabiskan semua energi matahari.

Menurut laporan Roanoke-Chowan News Herald, penolakan tersebut dilakukan menjelang pertemuan dewan kota setelah mendapatkan sejumlah ketakutan yang dikemukakan oleh warga setempat.

Seorang pensiunan guru sains bernama Even Jane Mann, cemas bahwa panel surya akan mencuri tenaga sinar matahari dari tanaman-tanaman di kota tersebut.

Hal itu diungkapkannya setelah melakukan 'penelitian' terhadap sejumlah wilayah dekat kota yang memiliki panel surya. Ia cemas bahwa fotosintesis tidak akan tercipta dengan keberadaan panel-panel tersebut.

Bersamaan dengan itu ia juga mengemukakan sejumlah kematian akibat kanker di kota tersebut, dan tidak ada orang yang bisa meyakinkannya bahwa panel surya itu bukan penyebabnya.

"Orang datang ke sini dengan niat yang berbeda," Jane Mane bersikeras. "Sebelum kami mengetahui adanya dampak buruk atau tidak terhadap komunitas ini, sebaiknya kami tidak menandatangani surat perjanjian apapun," tambahnya lagi.

Menurut laporan pertemuan dewan kota, suaminya Even Jane Mann, Bobby membagikan rasa cemasnya dan khawatir pembangkit listrik tenaga matahari akan menghabiskan tenaga matahari mengakibatkan bisnis di dalam kota tidak berkembang.

Sementara itu, warga lainnya juga mengeluhkan terhadap dampak pembangkit listrik tenaga matahari terhadap harga properti.

Salah seorang warga, Jean Barnes, tampil ke hadapan dewan kota dengan petisi yang sudah ditandatangani penghuni kota, menentang pembangunan pembangkit tenaga listrik itu.

Meskipun sudah mendapatkan penjelasan dari pihak pengembang bahwa tidak ada dampak buruk yang akan terjadi, hasil rapat dewan kota telah menetapkan untuk menunda pembangunan pembangkit tenaga matahari.

Namun suasana ini telah telah ditanggapi dengan mem-bully dan membuat lelucon terhadap kota tersebut.

Jurnalis olahraga dan komentator politik, Keith Olbermann  memberikan tanggapannya melalui Twitter dengan mengatakan," apakah Woodland kota terbodoh di Amerika Serikat?"

Tanggapan pengguna Twitter lainnya seperti @John_Carnevale mengatakan, "Jika Anda belum tahu, panel surya tidak akan menghabiskan tenaga matahari atau menghentikan fotosintesis di sekitar wilayah. Beri tahu ini kepada North Carolina."

Sementara itu pengguna @DewiNickyX menuliskan,"Jadi orang-orang di North Carolina menolak pembangunan panel surya di kota mereka karena takut tanaman tidak akan mendapatkan sinar matahari yang cukup?"

Merasa kesal, pengguna @totalfratmove berkicau, "Sekelompok orang bodoh di North Carolina mengira panel surya menyebabkan kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini