Sukses

Top 3: Inovasi Wanita Pengubah Kehidupan di Bumi Curi Perhatian

Perjalanan keberhasilan wanita ternyata menarik perhatian para pembaca Liputan6.com kanal Global.

Liputan6.com, Jakarta - Kaum wanita saat ini sudah bebas mengenyam pendidikan tinggi seperti para pria. Tak melulu beraktifitas di dalam rumah seperti mengurus rumah tangga, anak serta suami.

Tak sedikit pula yang menduduki jabatan tinggi di kantor-kantor, pemerintahan dan dunia militer.

Serangkaian inovasi baru untuk membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih baik pun akhirnya tercipta, dan bahkan membuat sejarah. Perjalanan keberhasilan wanita ternyata menarik perhatian para pembaca Liputan6.com kanal Global edisi Jumat (11/12/2015).

Artikel terkait garuda raksasa yang disebut-sebut mampu mencegah Jakarta 'tenggelam' juga mencuri perhatian pembaca. Pun demikian dengan pemberitaan temuan makam Suleiman dari Kesultanan Ottoman di Hungaria yang menjadi misteri.

Selengkapnya dalam Top 3 Global:

1. 6 Inovasi Wanita yang Mengubah Kehidupan di Bumi

Roberta bersama suaminya memperlihatkan permainan video pertualangan pertama di dunia. (Market Place)

Seiring berjalannya waktu, kaum perempuan memiliki persamaan derajat dan bahkan ada yang menjadi tulang punggug keluarga.

Inovasi wanita yang telah mengubah kehidupan umat manusia pun akhirnya membuat dunia tercengang.

Salah satunya adalah keberadaan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) di Amerika. Di mana sistem jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA ini sudah lahir lebih dulu dari internet.

Selengkapnya...

2. Garuda Raksasa Mampu Cegah Jakarta 'Tenggelam' seperti Titanic?

Giant Sea Wall

Ramalan masa depan Jakarta sama sekali tak gilang-gemilang. Akibat laju penurunan tanah dan kenaikan level permukaan air laut, ibukota terancam terendam air. 10 juta warganya dibayang-bayangi relokasi.

Nasib Jakarta serupa dengan metropolitan lain di Asia: Shanghai, Hong Kong, Kolkata, Mumbai, Dhaka, dan Hanoi. Atau jangan-jangan bakal lebih parah.

"Akan sangat sulit bagi sektor bisnis dan masyarakat untuk memahami apa yang sesungguhnya sedang terjadi," kata Richard Hewston, analis perubahan iklim dari Verisk Maplecroft, seperti dikutip dari situs WRAL.com.

Tak ada pilihan lain, kota-kota besar di wilayah pesisir harus bersiap menghadapi risiko kehilangan investasi dan menangani bencana yang terjadi pada rakyatnya.

Agar mimpi buruk tersebut tak sampai terjadi, Jakarta telah memulai proyek terbesar dalam sejarah: pembangunan proyek tanggul raksasa (Giant Sea Wall).

Tanggul berbentuk Garuda tersebut akan membentang sepanjang 40 kilometer, tinggi 80 kaki atau 24,3 meter -- di mana sepertiga bagiannya menjulang di atas permukaan air laut.

Selengkapnya...

3. Misteri Temuan Makam Suleiman dari Kesultanan Ottoman di Hungaria

Makam Suleiman dari Kesultanan Ottoman Ditemukan di Hungaria (The Guardaian)

Arkeolog menemukan sisa makam Suleiman I atau juga dikenal dengan nama Suleiman The Magneficent, dari Kesultanan Ottoman yang meninggal pada 1566 saat ia dan prajuritnya sedang berperang di Szigetvar selatan Hungaria. Hal itu dikemukakan oleh ahli sejarah, Nobert Pap dari University of Pecs.

Menurut Pecs, makam itu dibangun tak jauh dari tenda Suleiman saat ia memimpin peperangan lalu jatuh sakit dan mangkat. Penemuan itu terjadi saat tim arkeologi sedang menggali kemungkinan situs bersejarah, mereka menemukan makam dan bukti-bukti peninggalan Sultan yang dikenal dengan nama Kanuni itu.

"Kami memiliki data yang merujuk ke titik yang sama," kata Pap dalam presentasi temuan terbaru pada Rabu 9 Desember, 2015, seperti dikutip dari The Guardian.

Apa yang diyakini makam sultan terletak di bekas pemukiman Ottoman dari Turbek, yang hancur di 1680-an. Penemuan pemukiman itu diumumkan oleh Pap pada tahun 2013.

Sejarawan percaya jantung Suleiman dan organ-organ dikuburkan dalam makam dan tubuhnya dibawa kembali ke Konstantinopel atau sekarang dikenal dengan Istanbul.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini