Sukses

6 Video Viral 2015

Berikut 6 video yang menjadi viral pada tahun 2015 dan telah mendapatkan lebih 1 juta pentonton dalam waktu yang singkat.

Liputan6.com, Jakarta - Video viral adalah rekaman yang menjadi terkenal melalui proses berbagi melalui dunia maya, khususnya melalui situs video berbagi, media sosial dan email.

Sebagian besar isi video berupa konten lucu, mengharukan, menakutkan atau apa saja yang menarik perhatian netizen bahkan sketsa komedi yang disiarkan melalui TV juga bisa menjadi viral.

Sebelum era video viral dimulai dan sebelum situs-situs berbagi video ada, rekaman dibagikan melalui email berupa cuplikan pendek atau animasi.

Salah satu video yang yang tercatat menjadi viral terjadi pada tahun 1995 ketika film pendek animasi berjudul The Spirit of Christmas dibagikan melalui email-- kemudian berkembang menjadi acara televisi bernama South Park.

Lalu, apa yang menjadikan sebuah video menjadi viral?

Menurut para ahli video bisa disebut viral jika sudah ditonton minimal 1 juta kali dalam jangka waktu yang singkat.

Berikut 6 video viral terbaik 2015 menurut Time, yang dikutip Selasa (8/12/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Michelle Obama Joget

Dalam rangka mempromosikan kampanye terbarunya bernama Gimme 5, Michelle Obama meminta selebriti dan warga AS untuk memperlihatkan 5 contoh dalam menjalani kehidupan yang sehat.

Demi mewujudkan hal itu, wanita nomor satu AS bahkan meminta pertolongan kepada sekelompok koreografi untuk menciptakan serangkaian gerakan menari yang akan ditampilkan dalam acara tahunan White House Easter Egg Roll.

Dalam acara The Ellen DeGeneres Show, ia menantang pembawa acara untuk berjoget bersama dengan lagu Mark Ronson dan Bruno Mars berjudul Uptown Funk.

Berikut video tarian wanita pertama, Michell Obama bersama Ellen DeGeneres yang menjadi viral.

3 dari 7 halaman

Barack Obama dan Tongsis

Suaminya Michelle Obama, Presiden Amerika duduk pada posisi kedua dalam daftar video yang menjadi viral pada tahun 2015.

Barack Obama menjadi bintang melalui video yang berdurasi dua menit dari BuzzFeed Motion Pictures mmenghimbau warga AS untuk mendapatkan asuransi kesehatan.

Berjudul 'Things Everybody Does But Doesn't Talk About,' cuplikan tersebut memperlihatkan orang pertama AS membuat mimik melalui cermin, latihan pidato lalu mengambil selfie dengan tongsis saat sedang sendiri di perpustakaan Gedung Putih.

Video ditonton sebanyak 1.2 juta orang dalam jam pertama sejak video diunggah melalui Facebook-- dan dalam 24 jam cuplikan tersebut disaksikan oleh 22.8 juta.

4 dari 7 halaman

Kampanye Parlemen Kanada Wyatt Scott

Video buatan seorang warga Kanada bernama Wyatt Scott juga menjadi viral saat ia mengikuti kampanye parlemen secara mandiri.

Namun menurut kabar ia gagal mendapatkan kursi dalam parlemen meski video banyak ditonton orang.

Video tersebut memperlihatkan calon anggota pemerintahan Scott menunggang angsa Kanada, bertemu dengan makhluk asing dan membantai naga dengan pedang yang mewakili konstituen dari misi Matsqui Fraser-Canyon di British Columbia Fraser Valley.


5 dari 7 halaman

Wartawan Bikin Nangis Bocah TK

Dalam siaran langsung meliputi hari pertama sekolah, stasiun televisi KTLA terjun ke lapangan di sebuah sekolah di Los Angeles Timur.

Wartawan bernama Courtney Friel melakukan wawancara dengan sejumlah anak, menanyakan ekspetasi dan pendapat mereka pada hari pertaman sekolah.

Namun ketika melakukan wawancara terhadap seorang bocah berusia 4 tahun bernama Andrew Macias, anak tersebut menangis.

Friel pada saat itu menanyakan apakah si bocah akan merindukan ibunya pada hari pertama masuk sekolah sambil tertawa dia menjawab tidak. Namun sikap lucunya berubah menjadi tangisan air mata.

Video ini meraup 18 juta penonton melalui Facebook.

6 dari 7 halaman

Pidato Motivasi Shia LaBeouf

Penampilan Shia LaBeouf dalam layar hijau ini merupakan kolaborasi dengan mahasiswa seni dari sekolah seni Central Saint Martins.

Sejak video tersebut dirilis ke masyarakat pada Mei 2015 sejumlah meme ejekan terhadap LeBoeuf mulai bermunculan.

Dalam video tersebut LaBeouf berteriak-teriak dengan layar hijau di bagian belakangnya. "Lakukanlah!" ungkapnya. Jangan membiarkan mimpi Anda menjadi sekadar mimipi. Kemarin kau bilang besok. Jadi lakukanlah! Tunggu apa lagi? Lakukanlah! Lakukanlah! Kau pasti bisa! Lakukanlah! Jika merasa lelah harus terus mengulang, jangan putus asa!"

Video asli berdurasi 30 menit namun bagian inilah yang membuat cuplikan viral.

7 dari 7 halaman

Improvisasi Penyiar Prakiraan Cuaca


Pembawa prakiraan cuaca dari stasiun Fox 10 Cory McCloskey tampil profesional ketika layarnya mengalami malfungsi saat memperlihatkan sejumlah wilayah dengan suhu yang sangat tinggi.

Dalam kejadian itu kesalahan teknis terjadi. Namun ia dengan tenang dan melucu melakukan improvisasi membawakan cuaca dengan suhu yang tak masuk akal di sejumlah wilayah.

Cuplikan tersebut dari mendapatkan lebih dari 16 juta penonton dari situs berbagi dan Facebook.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.