Sukses

Top 3: 6 Bencana Alam Teraneh Banyak Diburu Pembaca

Peristiwa bencana teraneh dalam sejarah lantas menjadi banyak diburu para pembaca Liputan6.com di kanal Global.

Liputan6.com, Jakarta - Bencana alam terkadang menimbulkan dampak aneh pada Bumi. Tak hanya sulit diprediksi kedatangannya, tapi tak jarang memakan korban dalam jumlah banyak.

Peristiwa bencana teraneh dalam sejarah pun lantas menjadi banyak diburu para pembaca Liputan6.com edisi Selasa (8/12/2015). Termasuk fakta harta karun triliunan rupiah dari bangkai kapal San Jose dan rekaman seorang kakek palsukan kematian demi mengajak makan bareng keluarga.

Selengkapnya di Top 3:

1. 6 Bencana Alam Teraneh Sepanjang Sejarah

Ilustrasi bencana alam, musim dingin berkepanjangan. (History Channel)

Contoh bencana yang umum terjadi di muka Bumi seperti gempa, badai topan atau bencana skala besar lainnya. Selain itu juga ada hantaman meteor jatuh hingga letusan gunung berapi yang mengubah iklim dunia, pun ledakan misterius di Siberia.

Selain itu, ternyata masih ada bencana lain yang aneh sepanjang sejarah dan sulit dicerna akal. Mulai dari fenomenan matahari 'hilang' yang menyebabkan musim dingin berkepanjangan hingga terbentuknya selubung debu nan mengerikan.

Fenomena cahaya menyilaukan bersama gelombang kejut pun pernah terjadi di muka Bumi.

Selengkapnya...

2. 3 Fakta Harta Karun Triliunan Rupiah dari Bangkai Kapal San Jose

Kapal kuno San Jose tenggelam pada 1708, setelah diserang kapal Inggris (Wikipedia)

Dalam konferensi pers, Presiden Spanyol, Santos mengatakan temuan harta karun triliunan rupiah dari bangkai kapal San Jose adalah yang terbesar dalam sejarah umat manusia.

"Saya merasa bahagia, sebagai kepala negara, untuk menginformasikan bahwa -- tanpa keraguan sedikit pun -- kami telah menemukan San Jose, 307 tahun setelah ia tenggelam," kata dia seperti dikutip dari situs NPR, Senin 7 Desember 2015.

Bangkai kapal kuno milik Spanyol tersebut diketahui keberadaannya pada 27 November 2015, di perairan dekat Cartagena.

Tak hanya berharga dari nilai sejarahnya, San Jose diketahui membawa harta benda yang luar biasa banyaknya. Nilainya diperkirakan lebih dari Rp 10 triliun rupiah.

Selengkapnya...

3. Kakek Palsukan Kematian demi Makan Bareng Keluarga

alangkah terkejutnya ketika mereka menemukan si kakek masih hidup. (foto: Edeka)

Hari raya seperti Natal merupakan kesempatan bagi keluarga besar menghabiskan waktu bersama. Namun, kehidupan yang diisi dengan segala kesibukan membuat orang-orang seringkali melupakan keluarga.

Terinspirasi hal tersebut, seperti dikutip Daily Mail, supermarket Jerman, Edeka pun berkarya menciptakan sebuah iklan. Bercerita mengenai kesepian seorang kakek yang dilupakan oleh anak-anak yang sudah memiliki keluarga dan kehidupan sendiri.

Video tentang cerita si kakek memalsukan kematiannya itu diakhiri dengan makan malam bahagia menghabiskan Natal bersama. Mengharukan.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.