Sukses

Panda Raksasa Tertua Kedua di Dunia Ulang Tahun, Berapa Usianya?

Peneliti dan pencinta panda berkumpul di Fujian untuk merayakan ulang tahun panda tertua kedua di dunia.

Liputan6.com, Fujian - Pencinta panda dan peneliti di seluruh dunia berkumpul di pusat penelitian provinsi Fujian, China untuk merayakan ulang tahun panda betina bernama Basi yang kini berusia 35 tahun.

Basi adalah panda raksasa tertua kedua di dunia-- 2 tahun lebih muda daripada Jia-jia penghuni Ocean Park Hong Kong yang berusia 37 tahun.

Basi berusia dua tahun lebih muda daripada Jia-jia 37 tahun, panda tertua di dunia yang menghuni Ocean Park Hong Kong. (Shanghaiist)

Dilansir dari Shanghaiist, Sabtu (28/11/2015), nama Basi diambil dari lembah di wilayah Baoxing, provinis Sichuan di mana ia dilahirkan pada 1980. Dia dipindahkan ke Pusat Penelitian Panda Raksasa Fuzhou di Fujian pada 1985 ketika semua bambu di habitat aslinya mengering.

Pada 1987, Basi diundang untuk menginap di kebun binatang San Diego selama setengah tahun. Dia membuat 2,5 juta pengunjung terkesan dengan aksi akrobatnya.

Basi menjadi terkenal di China ketika dijadikan maskot Asian Games ke-11 yang digelar di Beijing. (Shanghaiist)

Pada 1990, nama Basi menjadi terkenal di China ketika dijadikan maskot Asian Games ke-11 yang digelar di Beijing. 1 tahun kemudian, namanya semakin melejit setelah tampil di hadapan jutaan orang dalam Spring Festival Gala.

Suasana kemeriahan ulang tahun Basi. (Shanghaiist)

Panda raksasa adalah salah satu spesies hewan yang terancam punah di dunia. Menurut catatan yang dirilis pada 2013 oleh Administrasi Kehutanan Negara, ada 1.864 panda raksasa yang hidup di alam liar dan 375 dalam penangkaran.

Pada hari yang istimewa ini, mari kita mellihat kembali penampilan Basi dalam Spring Festival Gala pada 1991. (Rcy/Mvi)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.