Sukses

Korea Utara Wajibkan Para Pria Memiliki Potongan ala Kim Jong-un

Warga Korut kini diharuskan memiliki rambut tak lebih dari 2 cm dengan mengikuti potongan Kim Jong-un. Sementara wanita juga harus...

Liputan6.com, Pyongyang - Pria-pria di Korea Utara diminta untuk memotong rambut seperti pemimpin mereka yang mulia Kim Jong-un.

Menurut The Sun, pemerintahan Korea Utara telah mengeluarkan perintah agar para pria di negara tersebut untuk memotong rambut mereka tidak lebih dari 2 cm-- dengan meniru gaya potongan seperti pempimpin mereka yang kerap kali dijadikan sebagai lelucon.

Meniru gaya rambutnya yang dikenal Korea utara sebagai gaya 'ambisius' dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Kim.

Perintah ini dilakukan untuk mempersiapkan warga untuk majelis umum Partai Pekerja ketujuh. (News.com.au)

Sebelumnya, bagian atas rambut rambut kepala negara tersebut biasanya dibiarkan agak panjang-- namun bagian itu kini tidak pernah lebih dari 2cm.

Sementara itu, para wanita muda juga diperintahkan untuk memotong rambut mereka-- tapi bukan seperti Kim Jong-un.

Mereka telah diperintahkan untuk memiliki gaya rambut seperti istirnya, Ri Sol-ju yang dikenal dengan gaya bob cut-- dan hanya aktris yang boleh memanjangkan rambut mereka.

Sementara para wanita harus mengikuti potongan istrinya, Ri Sol-ju dengan gaya bob cut. (News.com.au)

Menurut sumber di dalam negara tersebut-- pelanggan tukang cukur di Pyongyang dilaporkan telah mengalami peningkatan yang besar, berisikan orang-orang yang segera ingin memotong rambut mereka karena tekanan rasa takut.

Menurut berita harian Chosun Ibo, penerapan pemerintah terhadap keputusan dilakukan hingga kampus-kampus-- dengan para mahasiswa terlihat berjalan dengan gunting siap untuk memotong rambut para pembangkang.

Menurut dugaan, Kim mendapati potongan itu dari kakeknya Kim Il-sung, pria yang hingga kini dianggap sebagai penemu Korea Utara. Spekulasi juga mengungkapkan bahwa Kim Jong-un telah melakukan bedah plastik-- agar penampilannya mirip dengan kakeknya.

Kim Jong-un ingin mirip seperti kakeknya Jim ll-sung (tengah) yang sedang berpose bersama anaknya Kim Jong-il dan putrinya Kim Kyong-hui pada tahun 1963. (News.com.au)

Menurut para ahli yang melakukan pemantauan terhadap Korea Utara mengatakan, "Sejak tahun lalu, warga Korut telah mendapatkan perintah untuk melakukan penumpasan terhadap ideologi kapitalisme dan budaya."

"Peniadaan rambut panjang diduga dilakukan untuk mempersiapkan mereka untuk majelis umum ketujuh Partai Pekerja." (Rcy/Rie)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini