Sukses

3 Insiden Bendera Merah Putih Terbalik Paling Bikin Heboh

Tak hanya di RSCM, kejadian bendera terbalik juga terjadi di sejumlah lokasi di Indonesia. Berikut ini ulasannya:

Liputan6.com, Jakarta - Selasa 24 November 2015, dunia media sosial dikejutkan dengan berita pemasangan bendera terbalik di RSCM atau Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Menurut sejumlah foto yang beredar dari Jalan Diponegoro No.71, Senen, Jakarta Pusat, bendera Indonesia tampak dipasang terbalik dengan bagian merah berada di bawah dan putih di atas -- tepat di depan patung Cipto Mangunkusumo.

Kepala Humas RSCM, Sulastin sudah membenarkan insiden tersebut. Ia mengaku bendera terbalik terjadi saat melakukan latihan-- namun hingga kini belum ada penjelasan yang detail karena berada di luar kota.

Ternyata insiden pemasangan bendera merah putih terbalik itu bukan pertama kalinya, sejumlah lokasi di Indonesia juga pernah mengalaminya. Dan bikin heboh.

Inilah ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Supermentor VI Jakarta

Insiden bendera terbalik tak hanya terjadi pada saat upacara. Dalam program acara Supermentor ke VI yang digagas mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal pada Minggu, 17 Mei 2015 juga mengalami insiden yang sama.

Melalui sebuah laptop yang diproyeksikan ke layar, bendera merah putih tampak terbalik dengan lambang garuda pada bagian atasnya.

Dino sebagai penanggung jawab acara supermentor tersebut, kemudian meminta maaf kepada masyarakat dan mengatakan itu bukan file yang biasanya digunakan dalam acara-acara sebelumnya.

Dalam acara tersebut, sejumlah pejabat negara terllihat hadir seperti Presiden RI ke 3 BJ Habibie, Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, dan Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao.

3 dari 4 halaman

Upacara HUT RI ke-65 di Papua Barat

Insiden bendera terbalik selanjutnya terjadi pada saat upacara peringatan kemerdekaan Indonesia di Manokwari, Papua Barat Selasa 17 Agustus 2010 silam.

Peserta dan tamu kehormatan Upacara Peringatan HUT Ke-65 Indoensia di Lapangan Borarsi Manokwari dikejutkan warna merah putih yang dikibarkan terbalik oleh para pasukan pengibar bendera.
 
Melalui penyelidikan lanjutan Polda, ditegaskan tidak ada unsur sabotase dalam insiden tersebut.dan murni karena keteledoran pasukan pengibar bendera merah putih.

4 dari 4 halaman

Dinas Pendidikan Kabupaten Nias

Sama halnya dengan RSCM, kelalaian juga terjadi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias yang menjadi perbincangan hangat para netizen pada 19 Agustus 2015 lalu.

Kantor yang berlokasi di Jalan Karet No. 30 Gunung Sitoli Pulau Nias memperlihatkan bendera merah putih yang terpasang terbalik -- dengan bagian putih di atas dan merah di bawah.

Menurut laporan, selama 9 jam bendera dikibarkan dalam keadaan terbalik. Pegawai dinas lain kemudian membetulkan posisi bendera pada sore harinya.

(Rcy/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.