Sukses

WC Umum Berteknologi Tinggi '5th Space' Dibuka di Beijing

Dalam upaya memperbaiki citra Beijing yang memiliki WC-WC kotor, pemerintah resmi membuka 5th Space. Apa artinya?

Liputan6.com, Beijing - Generasi penerus dari WC umum dengan teknologi tinggi resmi dibuka Kamis lalu. Harapannya, itu  bisa memperbaiki citra ibukota Tiongkok, Beijing yang dipandang memiliki toilet-toilet kotor.

 

WC umum dengan teknologi tinggi resmi dibuka kepada masyarakat Kamis lalu dengan harapan bisa memperbaiki citra ibukota yang dipandang memiliki toilet-toilet kotor. (Shanghaiist)

Dengan lampu-lampu seterang toko swalayan yang menarik perhatian, '5th Space' dibuka di depan gedung-gedung pemerintahan di wilayah Fangshan.

Bangunan tersebut dilengkapi 'Wi-Fi', ATM, televisi layar datar, pengisian daya mobil listrik, dan tempat sampah daur ulang kertas dan botol plastik.

Dilansir Shanghaiist, Minggu (22/11/2015), sebagai tambahan, tempat bersantai dan kamar mandi juga disedikan bagi petugas yang melakukan penjagaan terhadap bangunan.

Tempat bersantai dan kamar mandi juga tersedia bagi petugas yang melakukan penjagaan terhadap bangunan. (Shanghaiist)

Petugas dari Beijing Environmental Sanitation Engineering Group mengatakan kepada media, bahwa toilet-toilet akan menjadi 'ruang kelima' di samping ruang untuk keluarga, ruang bekerja, ruang senggang, dan ruang dalam dunia maya.

Toilet-toilet baru ini kembali akan dibangun di seluruh Beijing, yakni Fangshan, Tongzhou, Shunyi and Pingu. Kota-kota lain yang akan menerima WC berteknologi tinggi ini termasuk Guiyang, Haikou Kuming dan ZhangJiakou.

 

Toilet-toilet baru ini kembali akan dibangun di seluruh Beijing, yakni Fangshan, Tongzhou, Shunyi and Pingu. (Shanghaiist)

Mungkin ini yang dimaksud Li Jinzao, China's National Tourist Administration, ketika ia mengatakan akan ada 'revolusi toilet' di seluruh China-- menjanjikan pada tahun 2017 semua WC akan mendapatkan dukungan 'bintang tiga' dengan 'kualitas memadai dari sisi higienis, gratis dan dikelola secara efektif.' (Rcy/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.