Sukses

Tersentuh Aylan Kurdi, Pasangan Ini Batalkan Pernikahan Mewahnya

Ribuan dolar uang persiapan pernikahan disumbangkan kepada pengungsi Suriah. Mereka menikah dengan sederhana di Balai Kota.

Liputan6.com, Toronto Kematian Aylan Kurdi, bocah 3 tahun, di pantai Turki pada September lalu benar-benar menguras perhatian dunia. Sejak saat itu tak sedikit orang yang tergerak untuk membantu pengungsi dari Suriah.

Hal itu dialami pasangan Samantha Jackson dan Farzin Yousefian dari Toronto, Kanada. Rencananya mereka berdua akan menggelar pesta pernikahan luar biasa megah. Keduanya telah merencanakan pesta semenjak Maret. Lengkap dengan tempat yang prestisius, dekorasi yang indah, katering paling mahal, dan lainnya. Perkiraan, mereka menghabiskan ribuan dolar.

Namun keduanya memutuskan bahwa uang sebanyak itu bisa digunakan untuk yang lainnya, kata Samantha yang kandidat Phd untuk kebijakan publik.

"Kami sudah memesan dan merancang pernikahan kami yang rencananya akan berlangsung akhir Oktober. Namun di bulan September foto Aylan Kurdi mengetuk hati nurani kami," kata Samantha seperti dilansir dari ABCNews, Kamis, 19 November 2015.

"Kami sadar situasi pengungsi Suriah begitu memilukan. Rasanya penting buat kami berdua untuk bertindak. Jadi kami batalkan semua pesanan itu. Uangnya lalu kami sumbangkan untuk mereka," tutur Samantha lagi.

Samantha, yang juga sukarelawan untuk Universitas Ryerson Lifeline Syria Challange, bertugas untuk mengumpulkan dana bagi para pengungsi agar bisa membayar sewa, baju, dan makanan bagi pengungsi Suriah di Toronto. Ia dan Farzin memutuskan untuk mengalihkan uang pernikahan mereka kepada 4 keluarga Suriah agar bisa bertahan hidup.

"Kami sadar uang sebesar itu untuk pernikahan kami bisa digunakan oleh pengungsi Suriah," ujar Samantha lagi.

Ia juga bercerita tatkala mereka memutuskan untuk mendonasikan uang mereka, Farzin langsung mengajaknya menikah di balai kota. Lalu, mereka mengajak teman-teman terdekat dan keluarga untuk makan malam sederhana di sebuah bar di Toronto.

"Keluarga dan teman-teman kami begitu mendukung ide kami. Dan kado mereka untuk kami pun dialihkan menjadi donasi buat keluarga Suriah," tutur Samantha senang.

Pasangan itu telah mengumpulkan US$17.000 dari target US$27.000. Itulah uang yang digunakan untuk 4 keluarga Suriah di Toronto.

"Pernikahan kami sempurna. Dan ini (berdonasi) adalah cara yang sempurna untuk memulai pernikahan kami," kata Samantha.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.