Sukses

Melaju Terlalu Pelan, Mobil ini Dihentikan Polisi

Mobil tanpa pengemudi yang menjadi bagian uji coba oleh Google dikejar polisi karena berjalan terlalu lambat.

Liputan6.com, Mountain View - Pada umumnya, pengendara mobil diberhentikan oleh polisi ketika berjalan melebihi batas kecepatan maksimal-- tapi, mobil yang satu ini justru dikejar polisi karena melaju terlalu pelan.

Dikutip dari Stuff.co.nz, Senin (16/11/2015), kendaraan tanpa pengemudi milik Google itu melaju di jalan kota dengan kecepatan yang terlalu rendah.

Seorang petugas di kota Mountain View, California, yang juga lokasi kantor pusat Google, melakukan pengejaran terhadap kendaraan purwarupa itu pada hari Kamis waktu setempat.

Kendaraan itu melaju pada kecepatan 38 kilometer/jam di kawasan batas kecepatan 56 kilometer/jam.

Menurut Kepolisian Mountain View, petugas itu sempat berbincang dengan seseorang di kursi pegemudi mobil, tapi tidak memberikan surat tilang.

Kendaraan tersebut memang melaju secara mandiri, namun peraturan California mengharuskan adanya operator manusia yang dapat mengambil alih kendaraan bagi teknologi yang sedang diuji di jalan-jalan umum.

Mobil yang mengemudi sendiri keluaran Google. (Sumber stuff.co.nz)

Melalui sebuah postingan blog kepolisian mengungkapkan bahwa petugas ingin “mempelajari lebih lanjut bagaimana mobil tersebut memilih kecepatan di jalan-jalan umum serta mendidik operatornya mengenai lalu lintas di sekitarnya.”

Kendaraan purwarupa berbentuk bulat itu memiliki dua kursi dengan kecepatan maksimal 40 kilometer/jam.

Melalui blog Google proyek mobil ini mengungkapkan, “Mengemudi terlalu lambat? Sepertinya pengemudi manusia tidak dihentikan terlalu sering karenanya.”

Menurut perusahaan tersebut, mobil-mobil Google mandiri lainnya telah diuji di jalan-jalan California dan hingga kini telah terlibat dalam 17 kecelakaan ringan sejak Mei 2010. 

Google mengungkapkan bahwa kecelakaan tidak disebabkan oleh mobil-mobil mereka dan semuanya terjadi lebih dari 3,5 juta kilometer masa uji coba, termasuk 2 juta kilometer dalam mode otomatis.

Perwakilan proyek mobil tanpa pengemudi milik Google mengatakan bahwa dalam beberapa bulan terakhir mereka sedang mengusahakan memprogram kendaraan mereka agar tidak terlalu seperti kaku seperti robot, namun lebih seperti manusia.

Sementara itu pihak kepolisian Mountain View telah melakukan pertemuan secara resmi dengan Google untuk memastikan kendaraan mereka dapat beroperasi dengan aman. (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.