Sukses

Ditemukan Planet Kerdil Misterius Terjauh di Tata Surya

Para astronom menemukan sebuah planet kerdil misterius yang berjarak tiga kali lebih jauh dari Pluto

Liputan6.com, Washington DC - Para astronom telah menemukan sebuah planet kerdil misterius, berjarak tiga kali lebih jauh dari Pluto dan diyakini menjadi obyek paling jauh di tata surya kita. Hal ini bisa menunjukkan adanya planet pengembara di lingkungan langit kita.

Dilansir dari Dailymail , Jumat (13/11/2015), planet kerdil ini dikenal sebagai V774104.

V774104 saat ini berjarak 15,4 miliar kilometer (9,6 miliar mil) dari Matahari atau sekitar 103 unit astronomi (AU) dari Matahari. (1 AU = jarak rata-rata Bumi ke Matahari). Diameter planet tersebut diperkirakan sekitar 500-1000 kilometer, sehingga dikategorikan sebagai planet kerdil. Pluto sendiri juga termasuk planet kerdil dengan diameter 2.372 kilometer.

Pakar astronomi dari Carnegie Institution for Science, Washington, Scott Sheppard mengatakan jika V774104 masih tergolong benda langit yang misterius. Sebutan itu karena planet kerdil ini masih belum diketahui lintas orbitnya.

"Kita tidak bisa benar-benar mengklasifikasikan obyek ini karena kita tidak tahu orbitnya. Kami baru saja menemukan obyek ini beberapa minggu yang lalu," ujar Sheppard.

"Planet kerdil ini bisa saja masuk dalam objek tata surya yang memiliki orbit aneh dan ekstrim yang menunjukkan mungkin mereka dipengaruhi oleh planet pengembara atau bintang dekat," tulis laporan penelitian di jurnal Science.

Sebelum V774104 terpantau, planet kerdil bernama Eris adalah benda langit terjauh dari matahari. Jaraknya dari matahari sekitar 97 kali jarak Bumi-matahari. Ilmuwan percaya bila penemuan planet kerdil V774104 adalah bukti bila tata surya kita jauh lebih besar dari perkiraan sebelumnya. (Dsu/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.