Sukses

Presiden Putin Punya Anak Perempuan Jago Menari?

Sang anak memilih untuk menyembunyikan identitasnya sebagai anak nomor satu Rusia. Ada apa gerangan?

Liputan6.com, Moskow - Sejak Presiden Vladimir Putin menjadi orang nomor satu Rusia pada tahun 2000, tak banyak orang tahu kehidupan pribadinya. Mantan agen KGB itu benar-benar menutup kehidupannya dari publik. Pun terkait perceraian dengan Lyudmila, istri pertamanya, mantan pramugari.

Tak banyak orang tahu bahwa Putin dan Ludmila memiliki dua anak perempuan yang manis. Tidak hanya itu, mereka cerdas, berbakat dan... penuh rahasia. Seperti sang ayah.

Salah satunya adalah Katerina Tikhonova. Tak banyak yang tahu bahwa Katerina adalah anak pemimpin Kremlin. Dan tak disangka, perempuan 29 tahun itu jago menari tango dan mengajar di Universitas Moskow.

Banyak yang bertanya mengapa ia tak mau memakai nama ayahnya. Menurut orang terdekat Katarina, ia memilih tak ingin di bawah ayahnya. Ia memilih nama belakangnya dari nenek ibunya. Selain itu, kehidupannya yang tertutup membuat orang bertanya, bagaimana ia begitu sukses tanpa melibatkan Putin? Namun, sebuah investigasi yang dilakukan Reuters mengatakan sebaliknya.

Katarina jelas menyembunyikan 'hasil' koneksinya dari media barat. Katarina berpengaruh di kampus tempat ia mengajar.  Juga, ia menyumbang dari kocek pribadinya untuk renovasi kampus sebesar US$1.7  miliar.

Dari mana uang itu berasal? Bagaimana seorang 'penari' dan pengajar biasa bisa menyumbang uang demikian banyak? Ternyata, ia menikah dengan seorang miliuner minyak, Kirill Shamalov, pemilik perusahaan petrokimia Sibur. Ia membantu sang istri menyumbang sebuah proyek universitas.

Salah satu pejabat perusahaan kepada Reuters mengatakan bahwa Katarina adalah anak kedua Putin, kendati tidak secara langsung.

"Ia pengajar yang cerdas dan peneliti yang hebat. Siapapun ayahnya, yang dilakukannya membuat kemajuan universitas. Ia dan kakaknya telah membuat bangga negeri ini," ujar pejabat itu.

Putin dan [Lyudmilla ](Jarang Bertemu Istri, Presiden Rusia Putin Memutuskan Bercerai "")punya dua anak perempuan. Anak pertamanya, Maria, disebut-sebut ahli biomedika di St. Petersburg. Namun, ia memilih tinggal di Belanda dengan suaminya yang juga warga negara Negeri Kincir Angin itu.

Katarina dan Maria adalah generasi kedua elite Rusia yang bisa menikmati kejayaan bagaimana Putin membuat jaring-jaring korporasi yang menguntungkan.

Prestasi Katarina di bidang menari cukup memuaskan. Ia memilih berkompetisi tarian yang dikenal dengan akrobatik rock and roll.  Pada 2013, dia dan pasangan dansanya berada di posisi ke-5  dalam kejuaraan Eropa di Swiss.

Pada Januari 2015, rekaman tariannya menyingkap rahasia bahwa ia adalah anak perempuan Vladimir Putin. Namun, hingga saat ini, Katerina tidak pernah mau mendiskusikan kehidupan pribadinya. Kremlin pun tak mau mengkait-kaitkan siapa Katarina.

"Kami tidak ada informasi kehidupan pribadi siapapun itu, koneksi keluarga dengan siapa, status perkawinan, aktivitas mengajar dan apapun yang berhubungan dengan Ms. Tikhonova," demikian pernyataan juru bicara Kremlin, seperti dilansir dari The Guardian, Kamis (12/11/2015.

Kendati Kremlin tidak mau menjawab hubungan Katarina dan Putin, salah seorang pengusaha yang dekat dengan Orang Paling Berpengaruh 2015 versi Majalah Forbes itu mengatakan bahwa Katarina benar anaknya.

Dan Katarina? Penari itu  tidak mau menjawab pertanyaan sehubungan jati dirinya. (Rie/Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.