Sukses

Vladimir Putin Kembali Jadi 'Orang Terkuat' di Dunia versi Forbes

Dalam 3 tahun berturut-turut, Presiden Rusia itu menjadi orang nomor satu terkuat di dunia versi majalah Forbes

Liputan6.com, Washington DC - Dalam tiga tahun berturut-turut, orang Nomor Satu Negeri Beruang Merah itu berada di posisi puncak orang terkuat dunia versi Majalah Forbes.

Ia mengalahkan Presiden AS Barack Obama yang jatuh ke urutan ke-3. Sementara Kanselor Jerman, Angela Merkel berada di urutan ke-2.

Merkel naik dari posisi ke-5 tahun lalu. Ia adalah tulang punggung bagi 28 negara anggota Uni Eropa. Keputusannya yang dramatis mengenai pengungsi Suriah dan penyelesaian terhadap krisis keuangan Yunani adalah faktor dia melonjak.

"Putin adalah salah satu sedikit pria yang cukup berkuasa untuk melakukan apa yang dia mau-- dan tak peduli lainnya," tulis Forbes, seperti dilansir Time, Jumat 6 November 2015.

Menurut majalah itu, tak ada faktor yang bisa membuat Putin turun. Rating yang diterima mencapai angka 89%, kendati Rusia kini berada di tengah resesi serta sanksi internasional atas perbuatannya di Krimea dan turut campur di Ukraina.

Selain itu, Putin berhasil membangun pengaruh Rusia di dunia.

"Pada Oktober, dia mengebom ISIS di Suriah lalu bertemu empat mata dengan Presiden Suriah Assad. Manuvernya telah membuat AS dan NATO tampak lemah di daerah itu," tulis Forbes.

Kandidat lainnya yang mendapat sorotan adalah Paus Fransiskus dan orang terkaya di dunia Bill Gates. Keduanya memiliki empat dimensi yang sama, yaitu punya pengaruh luar biasa besar terhadap terhadap orang-orang. (Rie/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini