Sukses

Heboh Celah Raksasa Misterius yang 'Membelah' Amerika

Warga dunia baru saja dihebohkan dengan munculnya celah raksasa 6 kali ukuran lapangan bola di lahan peternakan Wyoming, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Wyoming Kemunculan celah raksasa di lahan peternakan Wyoming, Amerika Serikat telah menggegerkan dunia. Tak tanggung-tanggung, besarnya celah tersebut adalah 6 kali ukuran lapangan sepakbola dan mempunyai lebar 50 meter.

Dilansir dari Washingtonpost , Jumat (6/11/2015), penampakan celah raksasa itu pertama kali disampaikan oleh perusahaan layanan penjelajahan, SNS Outfitter and Guide, melalui akun media sosial Facebook.

"Kami benar-benar tak mengetahui penyebabnya, atau bagaimana celah itu terbentuk. Salah satu pemburu kami tak sengaja menemukannya saat berburu di sana pada 1 Oktober," tulis Sy Gilliland, juru bicara perusahaan pada halaman akun Facebook SNS Outfitter and Guide 23 Oktober lalu.

celah tersebut telah tumbuh makin menganga.

Saat Gilliand pergi ke sana untuk kedua kalinya bersama dengan kelompok pemburu lain, mereka mendapati celah yang semakin menganga. Mereka begitu terkejut mengapa hal itu bisa terjadi.

"Celah itu tak masuk akal, itu terjadi seperti tanah terbuka dan ukuran celah itu besar," ujar Gilliand.  

Fenomena ini juga menarik perhatian para ahli geologi. Seperti Seth Wittke yang menduga jika celah raksasa tersebut disebabkan oleh longsor berkecepatan lambat.

"Pembentukan celah itu tergantung pada ukuran bukit serta stabilitas tanah," kata Wittke

"Beberapa hal yang memicu kelembapan di bawah permukaaan tanah menyebabkan kelemahan pada tanah atau geologi. Dan proses ini akan melemahkan, mengacaukan landasan." tutupnya.  (Dsu/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini