Sukses

PM Baru Australia Kunjungi Jakarta 12 November

Ini merupakan kunjungan pertama PM Turnbull ke luar negeri, sejak terpilih menjadi pemimpin Australia.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama setelah dilantik Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull segera melakukan kunjungan kenegaraan. Negara yang dipilih menjadi tempat lawatan pertama, successor Tony Abbott ini adalah Indonesia.

Kepastian kunjungan kenegaraan Turnbull dipastikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir. Pria yang kerap disapa Tata itu menyebut, pak PM akan datang ke Indonesia pekan depan.

"Tanggal 12 (November) Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) akan mendampingi Pak Presiden bertemu PM Turnbull," ucap Tata di Jakarta, Kamis (5/11/2015).

"Kunjungan ini penting, karena sejak terpilih ini merupakan kunjungan pertama PM Turnbull ke luar negeri," tutur dia.

Tata mengatakan, kunjungan Pemimpin Partai Liberal itu hanya berlangsung dalam waktu singkat. 1 hari saja.

Untuk tujuan kedatangan Turnbull, Tata menjelaskan, agar hubungan bilateral kedua negara semakin kuat. Terutama di bidang hubungan antar masyarakat dan ekonomi.

"(Kedua pemimpin akan) membahas soal ekonomi dan hubungan people to people," jelasnya.

Bukan cuma dua hal itu, Turnbull rencananya turut akan membahas penguatan kerjasama komunikasi. Yang di mana bidang itu merupakan salah satu area unggulan dari Negeri Kangguru.

"Ini juga untuk meningkatkan jalur komunikasi di semua lapisan, fokusnya terkait ekonomi digital dan kreatif. PM Turnbull memang sangat tertarik dengan isu teknologi dan informasi karena dia merupakan pengusaha di bidang itu dan pernah menjabat jadi Menteri Komunikasi," pungkas dia.

Malcolm Turnbull merupakan Perdana Menteri ke-29 Negeri Kanguru. Dia naik jadi Orang Nomor Satu di Pemerintahan Australia menggantikan rekan satu partainya, Tony Abbott.

Turnbull mengalahkan Abbott dalam pemungutan suara internal Partai Liberal dengan memperoleh 55 suara. Sementara Abbott hanya 44. (Tnt/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini