Sukses

Dengan Rp 2 Miliar, 'Salju' Bisa Terhampar di Kamar

Perusahaan Desert Snow asal Dubai menawarkan membangun ruang bersalju dalam rumah.

Liputan6.com, Dubai - Setelah ada sauna, kini ada kamar salju yang bisa pilihan bagi penduduk di iklim panas yang ingin menikmati es khas negara 4 musim. 

Dengan harga US$150 ribu atau sekitar Rp 2 miliar, perusahaan asal Dubai, Desert Snow, bisa membuatkan kamar bersalju seluas 6 sampai 12 meter kubik di rumah atau perusahaan. Kamar ada di temperatur -15 celcius sampai -18 celcius. Dinding berbatu dan pohon-pohon hiasan juga bisa ditambahkan sebagai ekstra.

"Pada dasarnya, Anda memiliki gua dalam rumah yang bersalju selama 24/7," ungkap Ben Elliott-Scott, direktur manajer Desert Snow pada The Plaid Zebra, Kamis (5/11/2015).

Dengan membanderol sebesar Rp. 2,03745 milyar Anda bisa memiliki kamar salju di rumah. (foto: The Plaid Zebra)

Perusahaan menyebutkan bahwa 'ruang salju' memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan peredaran darah, sistem kekebalan tubuh, dan siklus tidur. Menurut Elliot-Scott, manfaat dari sauna panas, yang berasal dari Finlandia datang dari perubahan suhu dari dingin ke panas secara cepat yang dialami tubuh, setelah pindah dari sauna yang panas beruap ke salju yang dingin. Ruang salju, menurutnya akan mewujudkan pengalaman ini di negara dengan musim kering seperti di Uni Emirat Arab

Kamar salju memiliki manfaat kesehatan layaknya sauna. (foto: The Plaid Zebra)

Hingga saat ini, Desert Snow telah membangun tiga kamar salju di spa hotel, dan dua di rumah. Elliot-Scott juga akan membangun kamar untuk delapan pelanggan baru, salah satunya memiliki 10 rumah.

Suhu di dalam kamar ada dalam jangkauan -15 celcius sampai -18 celcius. (foto: The Plaid Zebra)

"Terbukti kamar salju sangat populer. Ada permintaan yang tinggi untuk salju sungguhan di daerah-daerah tertentu yang akan mengadakan event, dan kini di rumah-rumah."

Desert Snow berawal sebagai perusahaan penyedia salju untuk event bertema musim dingin dan pesta-pesta, sebelum merambah menjadi pasar 'salju sungguhan'.

Lingkungan buatan bukan hal asing di Dubai. (foto: The Plaid Zebra)

Dubai tidak asing lagi terhadap lingkungan artifisial. Pusat perbelanjaan terbesar di kota, Mall of Emirates, punya Ski Dubai, resor ski dalam ruangan seluas 22.500 meter kubik dengan temperatur -4 celcius hingga -6 celcius.

Ski Mall Dubai. (foto: The Plaid Zebra)

Selain manfaat kesehatan ruang salju, Dubai berpotensi menjadi tuan rumah acara musim dingin, yang sebelumnya tidak memungkinkan. Baru-baru ini, perusahaan membuka pabrik salju, kontainer 6 meter dengan mesin raksasa di dalamnya.

Saat dinyalakan, mesin memproduksi 1.000 meter kubik salju dalam satu hari. Menurut Elliott Scott, alat itu merupakan mesin pembuat kristal es tercepat di dunia. (Ikr/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini