Sukses

Partai AK Kembali Rebut Kursi Mayoritas Parlemen Turki

Partai AK yang berkuasa memenangkan pemilu parlemen, yang merupakan pencoblosan yang kedua kali dalam beberapa bulan terakhir.

Liputan6.com, Ankara - Partai pendukung pemerintah Turki, AKP, kian memperkokoh kekuasaannya. Perdana Menteri Ahmet Davutoglu menyatakan AKP atau Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa memenangkan pemilu parlemen. Ini merupakan pencoblosan kali kedua dalam beberapa bulan terakhir.

Di hadapan para pendukungnya, Minggu (1/11/2015) malam waktu setempat, Davutoglu mengatakan pemerintah akan membangun kembali Turki bersama seluruh elemen masyarakat lain, termasuk mereka yang mencoblos partai-partai lain.

"Ini adalah hari kemenangan," ucap Davutoglu di kota kelahirannya, Konya. "Kemenangan ini milik semua orang," imbuh PM Davutoglu, seperti dikutip dari BBC, Senin (2/11/2015).

"Tidak ada yang kalah, semuanya menang. Kita akan membangun kembali Turki yang baru bersama seluruh elemen rakyat," sambung Davutoglu.

Sejauh ini hampir seluruh kartu suara telah dihitung. Hasilnya memperlihatkan AKP meraih lebih dari 276 kursi -- jumlah minimal yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Sementara Partai pro-Kurdi, HDP, mendapatkan lebih dari 10 persen atau setara dengan 59 kursi di parlemen -- 21 kursi lebih sedikit dari perolehan pada pemilu Juni lalu, ketika Partai AKP untuk pertama kalinya dalam kurun 13 tahun gagal menjadi kekuatan mayoritas.

Ketika itu upaya untuk membentuk pemerintah koalisi gagal hingga diputuskan digelar kembali pencoblosan pada 1 November 2015. (Ans/Nda)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini