Sukses

Tersesat, Turis Ini Coba Berjalan Pulang 1.500 Kilometer

Seorang pria berusia 73 tahun terpisah dari rombongan wisata dan hanya mengetahui satu cara untuk pulang, yaitu jalan kaki.

Liputan6.com, Wenzhou - Seorang wisatawan terpisah dari rombongannya yang sedang mengunjungi Kota Terlarang di Beijing. Karena tidak mengerti harus melakukan apa, pria berusia 73 tahun itu kemudian memutuskan pulang untuk berjalan kaki.

Masalahnya, rumah pria lanjut usia itu berada di provinsi Zhejiang yang berjarak 1.500 kilometer dari Beijing. Seperti dilaporkan Shanghaiist.com pada Rabu, 28 Oktober 2015, ia memulai perjalanan pada 13 Oktober lalu ketika mulai terpisah.

Untunglah, pria yang hanya disebutkan nama marganya, Yu, ditemukan oleh pihak yang berwajib di Tianjin, 6 hari sesudah ia memulai perjalanan pulang. Saat itu, ia sudah berjalan sekitar 100 kilometer.

Yu menggunakan matahari sebagai petunjuk arahnya dan tidur di tepi jalan setiap kali ia kelelahan. Ia masih memiliki sedikit uang untuk membeli makanan ketika lapar.

Yu yang pensiunan itu berpendidikan rendah dan kesulitan membaca dan menulis. Bukan hanya itu, ia berbicara dengan logat khas kampung halamannya di kabupaten Rui’an di provinsi Zhejiang sehingga kesulitan mengerti bahasa baku Putonghua.

Ia ditengarai enggan bertanya karena kesulitan masalah bahasa tersebut sehingga memutuskan untuk pulang dengan berjalan kaki.

Sejak awal, pihak keluarganya sudah diberi kabar mengenai menghilangnya sang kakek, tapi upaya pencarian yang dilakukan tidak membawa hasil.

Ketika pihak yang berwenang menemukannya, Yu tidak memiliki telepon genggam ataupun tanda pengenal jatidiri. Penemuan pria ini oleh polisi terasa seperi mujizat.

Sementara itu, pencarian menggunakan Google Maps menunjukkan bahwa perjalanan dengan kaki sejauh 1.653 kilometer dari Kota Terlarang di Beijing menuju Rui'an di Zhejian dapat ditempuh dalam waktu 346 jam, setara dengan lebih dari 14 hari 10 jam, jika tanpa tersesat. Semangat, kakek. (Alx)

Perjalanan dengan kaki sejauh 1.653 kilometer dari Kota Terlarang di Beijing menuju Rui'an di Zhejian dapat ditempuh dalam waktu 346 jam. (Sumber Google Maps)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini