Sukses

Penggemar Kucing? Ini Tips Mengenali Sikap Hewan Kesayangan Anda

Walau sayang, ada kalanya ada perilaku kucing yang tidak kita mengerti. Ayo cari tahu penjelasan mengapa kucing suka bersembunyi di kotak.

Liputan6.com, Washington - Kucing merupakan hewan kesayangan bagi banyak orang. Hampir 100 juta kucing menjadi hewan piaraan di AS-- dan tentunya masih banyak lagi seluruh dunia.

Namun, ada kalanya pemilik kucing tidak mengerti tindak tanduk hewan kesayangan mereka. Kenapa si meong tiba-tiba mencakar saat diusap? Mengapa mereka cenderung diam di dalam kotak?

Semua ini memiliki penjelasan ilmiah terkait sifat-sifat mereka. Meski pada umumnya mereka tidak mengenal bahasa manusia, perasaan mereka diungkapkan dengan cara yang berbeda.

Dikutip Tech Insider, 29 Oktober 2015. inilah penjelasan perilaku umum kucing kesayangan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengapa kucing suka mencakar dan menggigit saat diusap?

Mengapa kucing suka mencakar dan menggigit saat diusap?

Kalau hal ini terjadi sedemikian, itu artinya kucing Anda sudah merasa cukup disayang.

Menurut ahli kucing Arden Moore dalam buku The Cat Behavior Answer Book, kucing Anda berusaha mengatakan "tolong jangan usap-usap lagi, atau akan kugigit.

Seperti halnya manusia, kucing pun bisa merasa kasih sayang yang berlebi. Jika ada saudara yang memeluk kita terlalu kencang dan lama, alih-alih merasa diperhatikan, umumnya kita akan merasakan ketidaknyamanan. Itulah yang dirasakan kucing saat kita mengusapnya berlebihan, atau pada bagian tubuh yang tidak diinginkan.

Menurut pengarang buku Cat Sense, Dr John Brashaw yang merupakan spesialis anthrozoology (studi hubungan manusia dan hewan), petunjuk untuk selesai mengusap kucing adalah ketika ekor mereka dihentakkan, telinga merebah, dan pupil mereka membesar.

Bradshaw juga menjelaskan, bahwa sebagian besar kucing suka diusap pada bagian kepala, namun tidak di perut atau sekitar ekor.

3 dari 8 halaman

Mengapa kucing suka menjatuhkan barang?

Mengapa kucing suka menjatuhkan barang?

Sejumlah kucing memang ceroboh, namun kebanyakan ddari mereka dengan sengaja menjatuhkan barang untuk mendapatkan perhatian majikannya.

"Terkadang mereka melakukannya untuk kesenangan sendiri, atau juga menganggap sebagai permainan yang disukai tuannya," tutur Bradshaw.

4 dari 8 halaman

Mengapa kucing melihat mata Anda lalu berkedip perlahan?

Mengapa kucing melihat mata Anda lalu berkedip perlahan?

Kucing dikenal sebagai hewan yang ulung dalam menyembunyikan perasaan-- tak seperti anjing yang memiliki ekspresi lebih.

Namun, hal itu bukan berarti kucing tidak bisa menunjukkan perasaan kasih sayang terhadap  majikannya. Untuk menyatakan itu, mereka akan berkedip dengan perlahan. Ilmuwan sebut kedipan perlahan itu sebagai "ciuman dari kucing".

Kedipan perlahan merupakan cara si kucing mengatakan, "aku suka dan percaya padamu." Jadi, lain kali Anda memperhatikan kucing berkedip dengan perlahan, coba kedipkan mata Anda seperti yang dilakuknnya. Setelah beberapa kali, mereka akan ikut berkedip.

Namun, menurut Moore, jangan tatap mata mereka dengan tajam secara terus-menerus-- karena bagi kucing, memandang tajam sesuatu berarti mereka sedang waspada terhadap seseorang atau situasi tertentu.

5 dari 8 halaman

Mengapa kucing suka naik ke komputer?

Mengapa kucing suka naik ke komputer?

Jika kucing naik ke laptop saat Anda sedang bekerja atau menonton film, kemungkinan kawan feline Anda sedang ingin diperhatikan. Namun, ada beberapa alasan lainnya:

- Kucing menyukai hangatnya komputer.

- Keyboard terasa nyaman pada telapak kaki mereka.

- Mereka senang melihat layar komputer.

6 dari 8 halaman

Mengapa kucing sering ketakutan tanpa alasan?

Mengapa kucing sering ketakutan tanpa alasan?

Saat si kucing melompat tiba-tiba, lari kencang, atau menerkam, mereka seseungguhnya bosan. Dengan berlari-lari, ia berusaha untuk mengatasi kebosanannya.

Ada dalam situasi tersebut, ditambah dengan sifat dasar kucing yang sensitif, hal sekecil apapun bisa memicu sifat panik, menurut Bradshaw.

"Gerakan sekecil apapun, seperti debu yang tertangkap di sinar matahari yang menyusup lewat celah, bisa memicu mereka melakukan hal itu," ungkap Bradshaw.

7 dari 8 halaman

Mengapa kucing menjilat benda yang bukan makanan?

Mengapa kucing menjilat benda yang bukan makanan?

Kucing yang menjilati plastik atau tempat duduk kemungkinan sedang bosan, atau ia sedang mencoba mengalihkan stres, menurut Bradshaw. Sedangkan menurut Arden Moore, menjilat bahan wool menjadi hal wajar bagi jenis kucing tertentu.

"Menurut ahli, kucing siam sekitar 50 persen populasi kucing yang suka menjilat wool, apapun alasannya itu, hingga kini masih belum jelas. Kebanyakan kucing menghentikan kebiasaan ini saat mereka berusia dua tahun," tulis Moore di The Cat Behavior Answer Book.

Teori lainnya yang disebutkan Moore adalah, beberapa kucing disapih oleh induk mereka sebelum mereka betul-betul mandiri.

"Mereka mencari wool atau selimut, dan kain lainnya sebagai kompensasi waktu menyusui mereka yang dipersingkat," tambah Moore.

8 dari 8 halaman

Mengapa kucing suka kotak?

Mengapa kucing suka kotak?

Menurut sebuah studi dari Sekolah Medis Dokter Hewan Universitas Utrecht, kucing bersembunyi di dalam kotak untuk mengurangi stres jangka pendek.

Kucing suka perlindungan, dan sebuah kotak yang tertutup di keempat sisinya merupakan lokasi ideal untuk melakukan observasi sekitarnya.

"Mengapa beberapa kucing suka masuk ruang yang lebih kecil dari tubuh mereka, hal itu hingga kini masih menjadi misteri," ungkap Bradshaw. (Ikr/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini