Sukses

Okiku, Boneka Berhantu Seram dari Jepang

Boneka seram dengan rambut yang terus tumbuh memanjang. Menurut laporan forensik, rambutnya serupa dengan anak berusia 10 tahun.

Liputan6.com, Hokkaido - Sebuah boneka dengan kisah yang menyeramkan datang dari Negeri Sakura, Jepang. Okiku, nama boneka yang dipercaya oleh masyarakat sebagai boneka berhantu.

Menurut penuturan orang-orang yang pernah melihat boneka ini, tampilan boneka Okiku memang seram, dengan segala nuansa yang tak masuk di akal. Boneka berukuran 40 cm dengan wajah putih bagai porselin, bermata hitam pekat bagaikan mutiara hitam ini secara mengejutkan dapat menumbuhkan rambutnya secara terus-menerus.

 Meskipun rambut boneka ini dipotong secara berkala, namun rambut tersebut tumbuh lagi.

Seorang peneliti Jepang mengungkapkan melalui hasil uji forensik, rambut yang tumbuh pada boneka sama persis dengan rambut pada anak berusia 10 tahun.

Dilansir dari Mysterious Universe , Rabu (28/10/2015), seorang pemuda bernama Eikichi Suzuki membeli boneka ini pada tahun 1918 di Sapporo. Dia melihat sebuah boneka cantik Jepang mengenakan kimono, yang ia yakini akan disukai oleh adiknya.

Boneka itu lalu diberikan kepada sang adik yang saat itu berumur 2 tahun, bernama Okiku. Dia sangat menyukai boneka ini dan bermain dengannya setiap hari.

Namun sayang, Okiku meninggal dunia setahun kemudian karena demam. Saat pemakamannya, keluarga ingin memasukkan boneka ke dalam peti matinya, namun entah mengapa mereka lupa. Keluarga gadis kecil itu kemudian menempatkan boneka itu di altar rumah dan berdoa setiap hari untuk memperingati Okiku.

Beberapa waktu kemudian, anggota keluarga mulai menyadari ada hal yang tidak normal dengan boneka Okiku tersebut. Mereka melihat rambut boneka itu mulai tumbuh. Awalnya, rambut boneka ini hanya sebahu, namun pada satu saat rambutnya mencapai lutut boneka.

Rasa penasaran pun muncul, hingga akhirnya mereka mempercayai bahwa roh Okiku berlindung di dalam boneka itu.

Boneka Okiku dalam lemari kayu sederhana di kuil

Tahun 1938 keluarga Suzuki pindah ke Shakalin, boneka Okiku akhirnya dititipkan di kuil Mannenji di Hokkaido. Pendeta kuil merasa tertarik dengan cerita keluarga Suzuki. Oleh karena itu, kuil memutuskan untuk menerima Okiku.

Boneka itu kemudian dimasukkan ke dalam lemari kayu sederhana. Dan ternyata memang benar, perlahan-lahan, rambut boneka itu memang memanjang. Menurut pengakuan salah seorang pendeta di kuil, rambut boneka Okiku awalnya dipotong pendek, tapi seiring waktu terus bertambah panjang sekitar 25 sentimeter hingga mencapai lutut boneka. Meskipun rambut boneka ini dipotong secara berkala, namun rambut tersebut tumbuh lagi.

Boneka ini merupakan salah satu boneka yang sangat terkenal di Jepang-- memunculkan beberapa versi cerita dan juga diangkat ke layar kaca.

Anda bisa menatap boneka Okiku secara langsung dan secara dekat. Atau mungkin ditatap boneka itu…

Sejumlah cerita simpang siur yang didapatkan, seperti terdengarnya suara anak kecil di ruangan kuil tak bisa dibuktikan-- namun pertumbuhan rambut adalah fakta.

Sampai saat ini boneka Okiku masih tersimpan rapi di Kuil Manneji, jadi jika Anda ingin melihatnya masih bisa. Anda bisa menatap boneka itu secara langsung dan secara dekat. Atau mungkin ditatap boneka itu… (Dsu/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini